Kemampuan Presentasi Dalam Memasarkan Produk Usaha

Isi Artikel Utama

Yusuf Hamdan
Anne Ratnasari

Abstrak

Salah satu aspek pendukung dalam kemajuan bisnis antara lain kemampuan pengusaha memppresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan, sebagai calon konsumen merasa yakin membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persiapan presentasi, penyajian pesan presentasi, dan unsur pendukung presentasi untuk memasarkan produk usaha. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik analisis data berupa studi kasus. Informan penelitian adalah wanita pengusaha pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Jawa Barat. Penelitian ini menemukan presenter mempresentasikan produk usaha melalui persiapan, penyajian pesan, dan unsur pendukung presentasi. Persiapan presentasi di dalamnya ditemukan presenter menyiapkan materi presentasi secara tertulis atau spontan, membuat headline. Pada penyajian pesan presentasi terdiri dari pengantar, isi, dan simpulan. Presenter memelihara kontak visual dengan audiens, menggunakan gerakan tubuh (wajah dan tangan), selain itu pada proses penyajian pesan presentasi menggunakan artikulasi kata yang teratur dan jelas. Sedangkan pada penutupan presentasi, presenter menyimpulkan ikhtisar presentasi dan mendorong audiensaudiens untuk membeli atau menggunakan produk usaha yang ditawarkan. Pada unsur pendukung presentasi, peneliti menemukan presenter menggunakan demonstrasi produk atau jasa, melibatkan kesaksian pelanggan dan penggunaan video serta foto dalam presentasi.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Yusuf Hamdan, Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Islam Bandung

IVc

Anne Ratnasari, Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi - Universitas Islam Bandung

IVc

Referensi

Abernathy, R. and Reardon, M. (2001). 25 Kiat Dahsyat Menjadi Pembicara Hebat. Bandung: Mizan Pustaka.

Cicala, J. E., Smith, R. K. and Bush, A. J. (2012). What makes sales presentations effective – a buyer‐seller perspective. Journal of Business & Industrial Marketing, 27 (2), p.78–88. [Online]. Available at: doi:10.1108/08858621211196958.

Daley, K. and Daley-Caravella, L. (2005). Speaking Mastering: Strategi Menguasai Presentasi yang Efektif. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Gallo, C. (2010). Rahasia Presentasi Steve Jobs: Bagaimana Tampil Luar Biasa Hebat di Depan Setiap Audiens. Jakarta: Erlangga.

Hamdan, Y. (2007). Karakteristik Khutbah Jumat di Mesjid Kampus: Perspektif Komunikasi. MediaTor (Jurnal Komunikasi), 8 (2), p.353–368.

Hapsari, E. (2013). 6 Tips Presentasi Dahsyat Ala Steve Jobs. [Online]. Available at: http://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/13/10/30/mvh0rk-6-tips-presentasi-dahsyat-ala-steve-jobs [Accessed: 11 October 2016].

Ikatan Wanita Pengusaha DPD Jawa Barat. (n.d.). Data Wanita Pengusaha IWAPI Jawa Barat 2013. [Online]. Available at: http://iwapijawabarat.com/ [Accessed: 20 April 2016].

Johlke, M. C. (2006). Sales presentation skills and salesperson job performance. Journal of Business & Industrial Marketing, 21 (5), p.311–319. [Online]. Available at: doi:10.1108/08858620610681614.

Kasali, R. (2001). Sukses Melakukan Presentasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lee, C. (2013). Presenter Handbook: Dalam Pembuatan, Persiapan, Sampai Presentasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Littlejohn, S. W. and Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Karya.

Mulyana, D. (2001). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Karya.

Mulyana, D. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Karya.

Nahusuly, A. N. (2014). Tips Membuat Orang Tertarik Dengan Presentasi Anda. [Online]. Available at: http://intisari-online.com/Career/Tips-Membuat-Orang-Tertarik-Dengar-Presentasi-Anda.

Pratiwi, H. (2013). 5 Tips Presentasi untuk Pebisnis Pemula. [Online]. Available at: http://tekno.kompas.com/read/2013/01/22/21001190/5.tips.presentasi.untuk.pebisnis.pemula [Accessed: 22 January 2016].

Rabbani Tour dan Travel. (2016). Testimonial dari Pelanggan Bandung. [Online]. Available at: https://rabbanitour.com/category/testimoni-umroh/ [Accessed: 9 August 2016].

Rakhmat, J. (2006). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2008). Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratnasari, A. (2009). Analisis Komunikasi Nonverbal dalam Presentasi Bisnis. Riset Tidak Dipublikasikan. Bandung.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shimp, T. A. (2014). Periklanan Promosi. Jakarta: Erlangga.

Sukiswanti, P. (2014a). Anggota Iwapi 60% Pengusaha Kecil Menengah. [Online]. Available at: http://ekbis.sindonews.com/read/928215/34/anggota-iwapi-60-pengusaha-kecil-menengah-1416804176.

Sukiswanti, P. (2014b). Jelang MEA, Iwapi Minta Pemerintah Beri Pelatihan. [Online]. Available at: http://ekbis.sindonews.com/read/928405/34/jelang-mea-iwapi-minta-pemerintah-beri-pelatihan-1416819219.

Urban, H. (2007). Positive Words, Powerful Results. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Waringin, T. D. (2008). Marketing Revolution. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yin, R. K. (2002). Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.