Gerakan Opini Digital #IndonesiaTerserah pada Media Sosial Twitter di Masa Pandemi Covid-19

Isi Artikel Utama

Fajar Rizali Rakhman
Rizky Wulan Ramadhani
Ahmad Fatoni

Abstrak

Gerakan Opini Digital #IndonesiaTerserah digunakan oleh warganet untuk menunjukkan ekspresi kekecewaan pada pemerintah dan masyarakat terkait pandemi Covid-19 di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi atau opini yang terbentuk di masyarakat pada hashtag #IndonesiaTerserah di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed methods dengan menggabungkan metode kuantitatif untuk perhitungan statistik jaringan komunikasi dengan sampel 2000 data tweet, 779 aktor dan 863 relasi menggunakan netlytic dan gephi, dengan metode kualitatif untuk menganalisis teks menggunakan Digital Movement of Opinion yang menggambarkan dan menjelaskan jaringan sosial beserta struktur jaringannya. Hasil penelitian menunjukkan #IndonesiaTerserah mampu menciptakan mobilitas pendapat warganet dalam suatu jaringan komunikasi dengan dibantu peran @radioelshinta, @cnnindonesia (aktor populer), 449 aktor kedekatan, @ridwanhr (aktor perantara), @donadam68, @reiza_patters, @toperendusara1, @bangariza, @kholil78 (aktor penting). Kekecewaan warganet terutama ditunjukkan kepada masyarakat yang kurang sadar dalam menekan angka persebaran Covid-19 di Indonesia dengan nilai analisis 32%, kepada pemerintah dalam membuat kebijakan yang membingungkan dan tidak dapat menyediakan kebutuhan dengan nilai analisis 21%, serta kepada keduanya sebesar 11%. Penggunaan hashtag dimaknai secara luas dan berbeda sebesar 36%.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ashari, D.P., Sudrajat, R.H. & Ali, D.S.F. (2015) Motif Interaksi Sosial pada Social Networking Secret (Studi Deskriptif Pengguna Social Networking Secret di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung). In: e-Proceeding of Management. [Online]. 2015 pp. 3977–3983. Available from: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2531.

Barisione, M. & Ceron, A. (2017) Social Media and European Politics. Mauro Barisione & Asimina Michailidou (eds.). [Online]. London, Palgrave Macmillan UK. Available from: doi:10.1057/978-1-137-59890-5.

Barisione, M., Michailidou, A. & Airoldi, M. (2019) Understanding a digital movement of opinion: the case of #RefugeesWelcome. Information, Communication & Society. [Online] 22 (8), 1145–1164. Available from: doi:10.1080/1369118X.2017.1410204.

Baskara, B. (2020) Rangkaian Peristiwa Pertama Covid-19. [Online]. 2020. Available from: https://www.kompas.id/baca/riset/2020/04/18/rangkaian-peristiwa-pertama-covid-19/.

Damuri, Y.R., Aswicahyono, H., Ayu, D. & Lestari, W. (2020) Evaluasi Kegiatan Ekonomi dan Intensitas Penyebaran COVID-19 di Masa New- Normal: Tinjauan atas Beberapa Indikator Cepat [Pembaruan Data 29 Juni 2020]. [Online]. Available from: https://www.csis.or.id/publications/evaluasi-kegiatan-ekonomi-dan-intensitas-penyebaran-covid-19-di-masa-new-normal-tinjauan-atas-beberapa-indikator-cepat.

Eriyanto (2014) Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta, Prenadamedia Group.

Eriyanto, E. (2020) Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization: A Social Network Analysis/SNA Study on #BubarkanKPAI vs #KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia. [Online] 8 (3). Available from: doi:10.7454/jki.v8i3.11591.

Faris, M.A.-I., Salem, M., Jahrami, H., Madkour, M., et al. (2020) Ramadan intermittent fasting and immunity: An important topic in the era of COVID-19. Annals of Thoracic Medicine. [Online] 15 (3), 125. Available from: doi:10.4103/atm.ATM_151_20.

Hamidati, A. (2011) Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta, Mata Padi Pressindo.

Hartoko, A. (2011) Resep Rahasia Twitter. Jakarta, PT. Elex Media Kumpotindo.

Juditha, C. (2018) FENOMENA TRENDING TOPIC DI TWITTER: ANALISIS WACANA TWIT #SAVEHAJILULUNG. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi dan Pembangunan). [Online] 16 (2), 138. Available from: doi:10.31346/jpikom.v16i2.1353.

KPCPEN (2020) Situasi virus Covid-19 di Indonesia. [Online]. 2020. covid19.go.id. Available from: https://data.covid19.go.id/public/index.html.

Kriyantono, R. (2016) Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Kencana.

Leal Filho, W., Brandli, L.L., Lange Salvia, A., Rayman-Bacchus, L., et al. (2020) COVID-19 and the UN Sustainable Development Goals: Threat to Solidarity or an Opportunity? Sustainability. [Online] 12 (13), 5343. Available from: doi:10.3390/su12135343.

Mona, N. (2020) KONSEP ISOLASI DALAM JARINGAN SOSIAL UNTUK MEMINIMALISASI EFEK CONTAGIOUS (KASUS PENYEBARAN VIRUS CORONA DI INDONESIA). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. [Online] 2 (2), 117–125. Available from: doi:10.7454/jsht.v2i2.86.

Nasruddin, R. & Haq, I. (2020) Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. [Online] 7 (7), 639–648. Available from: doi:10.15408/sjsbs.v7i7.15569.

Putri, O.V., Ismawati, D., Alfani, C.L. & Wajinah, S. (2019) Analisis Wacana Kritis Penggunaan Homonimi Cuitan Humor Remaja pada Media Sosial Twitter. In: The 10th University Research Colloqium 2019. 2019 Gombong, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah. pp. 165–172.

Senduk, T. (2020) #IndonesiaTerserah potret kekecewaan warganet jadi trending topic di Twitter. [Online]. 2020. zonautara. Available from: https://zonautara.com/2020/05/16/indonesiaterserah-potret-kekecewaan-warganet-jadi-trending-topic-di-twitter/.

Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W.D., et al. (2020) Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. [Online] 7 (1), 45. Available from: doi:10.7454/jpdi.v7i1.415.

Thorik, S.H. (2020) Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. ADALAH Buletin Hukum dan Keadilan. [Online] 4 (1), 115–120. Available from: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15506.

Tjahyana, L.J. (2020) GERAKAN OPINI DIGITAL #TRUEBEAUTY PADA TWITTER UNTUK PEMERAN FILM ADAPTASI KOMIK WEBTOON. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi. [Online] 6 (1), 34. Available from: doi:10.35308/source.v6i1.1759.