Kepuasan Masyarakat terhadap Pers Berbahasa Sunda

Isi Artikel Utama

Parulian Sitompul
Dida Dirgahayu

Abstrak

Tahun 1960-an bisa disebut sebagai masa keemasan pers Sunda.  Pada saat sekarang pers Sunda mengalami kemunduran dalam berbagai aktivitasnya. Di tengah kemajuan teknologi cetak dan tata rupa, pers berbahasa Sunda pada saat ini telah tertinggal jauh dibandingkan dengan pers nasional. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kepuasan masyarakat terhadap pers berbahasa Sunda. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui motif, pengetahuan, dan kepuasaan masyarakat terhadap  pers berbahasa Sunda. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel sebanyak 50 responden yaitu 10% dari seluruh masyarakat pembaca pers berbahasa Sunda di dua kecamatan Kota Bogor.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif masyarakat membaca pers berbahasa Sunda karena bahasa Sunda dipergunakan dan dimanfaatkan oleh semua anggota keluarga. Masyarakat sudah mengetahui fungsi pers berbahasa Sunda.Walaupun belum memenuhi harapan, namun masyarakat  puas terhadap keberadaan pers berbahasa Sunda yang dibacanya.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2007). Komunikasi Massa, Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bulaeng, Andi. (2004). Metode Peneltian Komunikasi Kontemporer. Yogyakarta: Andi Ofset.

Dilla, Sumadi. (2007). Komunikasi Pembangunan, Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Depari, SR. (1982. Prospek Bisnis Informasi di Indonesia (ed. Sumarsono Suniardja). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyana, Deddy. (2004). Komunikasi Populer: Kajian Komunikasi dan Budaya Kontemporer. Jakarta: Pustaka Bani Quraisy.

Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, Jalaluddin. (1985). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

….................................(2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Severin, Werner J dan James, W Tankard JR. (2005). Teori Komunikasi; Sejarah, Metode, dan Terpan di Dalam Media Massa. Jakarta: Pranada Media

Rusadi, Udi. (1994). Penggunaan Media Massa. Jurnal Penelitian dan Komunikasi Pembangunan. Edisi Khusus No.1, hal. 22-31.

Anonim.(2006).Pers Berbahasa Sunda Masa Kini. Majalag Gatra. Hal. 29.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.