Audit Komunikasi Organisasi Layanan Akademik di IAIN Bengkulu
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi komunikasi layanan akademik di IAIN Bengkulu. Metode penelitian digunakan deskriptif kualitatif studi kasus menggunakan pendekatan dan model audit komunikasi. Audit komunikasi layanan akademik di IAIN Bengkulu fokus pada evaluasi arah aliran komunikasi serta bentuk penyebaran dan media yang dipakai. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Ada 12 informan penelitian dari bagian akademik, kemudian data dianalisis untuk evaluasi audit komunikasi. Arah aliran informasi layanan akademik terjadi secara formal melalui komunikasi vertikal arah aliran informasi berlangusung secara diadik mengalir dari kepala bagian hingga staf akademik dan sebaliknya, secara horizontal dalam level yang sama dan lintas saluran orang yang berada dalam struktur yang berbeda, dan informal melalui selentingan. Arah aliran informasi sudah berlangsung lancar meskipun masih ditemukan kendala adanya kurang percaya diri sebagian kasubbag dan staf sebagai penyampai informasi. Bentuk penyebaran pesan layanan akademik terjadi secara serentak dan berurutan, secara serentak distribusi informasi layanan akademik dan pemilihan media komunikasi cukup efektif, namun secara berurutan melalui media tulisan dan belum efektif. Hasil penelitian ini setidaknya berkontribusi dalam kajian bidang komunikasi organisasi khususnya model audit komunikasi pada model evaluasi komunikasi.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Alvian, Y. (2016) Audit Mini Mengenai Kepuasan Komunikasi Organisasi di UD. Prima Jaya. Jurnal e-Komunikasi. [Online] 4 (2), 1–12. Available from: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=14586.
Hardjana, A. (2000) Audit Komunikasi, Teori dan Praktek. Jakarta, Grasindo.
Hardjana, A. (2014) Audit Komunikasi Internal. InterAct. [Online] 3 (2), 1–17. Available from: http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/720.
Hardjana, A. (2016) Komunikasi Organisasi, Strategi dan Kompetensi. Jakarta, Penerbit Buku Kompas.
Hasmira, M.A. (2012) AUDIT KOMUNIKASI DI UNP (Kasus : Komunikasi Lintas Saluran Antara BAAK dan Puskom Universitas Negeri Padang). Humanus. [Online] 11 (1), 66. Available from: doi:10.24036/jh.v11i1.624.
Kotler, P. (2008) Manajemen Pemasaran. 12th edition. Jakarta, Indeks.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2013) Manajemen Pemasaran. Jakarta, Erlangga.
Kriyantono, R. (2008) Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertasi Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Kencana Prenada Media Grup.
Masmuh, A. (2010) Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang, UMM Press.
Morrisan (2008) Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta, Kencana Prenadamedia Group.
Nurlita, I. (2012) Investigation of Organizational Communication Climate At Bhayangkara Surabaya University Using Communication Climate Inventory (CCI) Method. Academic Research International. 3 (2), 259–264.
Pace, W. (2006) Komunikasi Organisasi:Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Panghegar, S.F. (2013) Audit Komunikasi Organisasi Horisontal Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya. Jurnal e-Komunikasi. [Online] 1 (1), 183–184. Available from: http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/112/59.
Perbawasari, S. & Setianti, Y. (2013) Komunikasi dalam Transformasi Budaya Perusahaan. Jurnal Penelitian Komunikasi. [Online] 16 (1), 1–12. Available from: doi:10.20422/jpk.v16i1.23.
Ramadani, D., Lestari, P. & Susilo, M.E. (2015) Audit Komunikasi Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM. [Online] 2 (4), 282. Available from: doi:10.24329/aspikom.v2i4.78.
Rosalina, D., Zati, M.R. & Ardiyanti, D.A. (2016) Kajian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan di Lingkungan Universitas Samudra. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. [Online] 3 (1), 26–33. Available from: http://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman/article/view/235.
Suprianto, A. & Rochmaniah, A. (2018) Audit Mini Komunikasi Quality Assurance (AKQUA) untuk Peningkatan Kinerja Karyawan PT Sinar Djaja Can. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi. [Online] 5 (2), 141. Available from: doi:10.21070/kanal.v5i2.1482.
Susanto, A. (2014) Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana Prenadamedia Grup.
Tampubolon, D.P. (2001) Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke 21. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Thadi, R. (2019) Proses Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Vokasional. Journal of Education and Instruction (JOEAI). [Online] 2 (1), 49–55. Available from: doi:10.31539/joeai.v2i1.614.
Yuliyanto, M. (2015) Audit Komunikasi Lembaga Pemerintah Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Jurnal Ilmu Sosial. [Online] 14 (1), 28–38. Available from: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmusos/article/view/12754.