Strategi Produk Pemasaran Produk Pertahanan dan Keamanan PT Pindad (Persero)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pindad merupakan sebuah industri pertahanan yang memproduksi senjata satu-satunya di Indonesia, memiliki sebuah tujuan yaitu mewujudkan kemandirian alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia. Dalam mencapai tujuan tersebut Pindad melakukan upaya dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran untuk melakukan kegiatan pengenalan dan penawaran produk, menyebarkan pesan kebangsaan, dan kegiatan komunikasi korporat. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana proses strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Pindad. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan Pindad. Komunikasi pemasaran yang dilakukan Pindad yang berangkat pada segmentasi khalayak yang berbeda, Pindad membagi fokus perusahaan pada Departemen Pemasaran untuk segmen khusus dan Departemen Komunikasi Korporat untuk segmen umum. Dalam mengemas pesan komunikasi pemasaran, Pindad menyertakan pesan-pesan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa bangga bagi pengguna produk dan masyarakat. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan juga memanfaatkan komunikasi kerjasama bisnis dengan pemerintah luar, perusahaan lainnya, dan pendekatan langsung dengan segmen yang dituju.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Arief, A.N. (2019) Strategi Komunikasi Pemasaran Marketplace B2B dan B2C Berbasis UKM (Studi Analisis pada Platform Marketplace BLANJA.com). Universitas Telkom.
Effendy, O.U. (1986) Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung, Alumni.
Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (2012) Undang-undang Republik Indonesia No. 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. [Online]. 2012. Available from: https://www.kemhan.go.id/itjen [Accessed: 3 October 2018].
Mahasagara, S.P. (2019) Strategi Komunikasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya di Bali. Universitas Telkom.
Oktora, M.Y. (2017) Komunikasi Pemasaran PT Pindad (Persero) di Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Kajian Komunikasi, Universitas Padjajaran. 5 (2), 190–201.
Parag, D. (1999) Communication Management. Kuala Lumpur, Golden Books.
Pindad (2017) Annual Report PT Pindad (Persero) Tahun 2017. [Online]. 2017. Available from: https://www.pindad.com/annual-report. [Accessed: 3 October 2018].
Seskowanti, D.A. (2016) Bauran Promosi Panser Anoa PT . Pindad. Prosiding Manajemen Komunikasi, Universitas Islam Bandung. 2 (2), 265–272.
Sudarsono, J. (2008) Buku Putih Pertahanan Indonesia. [Online]. Jakarta, Departemen Pertahanan Republik Indonesia.
Wijaksono, D.S. (2018) Komunikasi Pemasaran Perum Perhutani dalam Promosi Ekoturisme Kawah Putih. 4 (2), 130–144.