Strategi Produk Pemasaran Produk Pertahanan dan Keamanan PT Pindad (Persero)

Isi Artikel Utama

Jalesita Putri Pramitha
Mohamad Syahriar Sugandi
Asaas Putra

Abstrak

Pindad merupakan sebuah industri pertahanan yang memproduksi senjata satu-satunya di Indonesia, memiliki sebuah tujuan yaitu mewujudkan kemandirian alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia. Dalam mencapai tujuan tersebut Pindad melakukan upaya dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran untuk melakukan kegiatan pengenalan dan penawaran produk, menyebarkan pesan kebangsaan, dan kegiatan komunikasi korporat. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana proses strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Pindad. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan Pindad. Komunikasi pemasaran yang dilakukan Pindad yang berangkat pada segmentasi khalayak yang berbeda, Pindad membagi fokus perusahaan pada Departemen Pemasaran untuk segmen khusus dan Departemen Komunikasi Korporat untuk segmen umum. Dalam mengemas pesan komunikasi pemasaran, Pindad menyertakan pesan-pesan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa bangga bagi pengguna produk dan masyarakat. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan juga memanfaatkan komunikasi kerjasama bisnis dengan pemerintah luar, perusahaan lainnya, dan pendekatan langsung dengan segmen yang dituju.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Jalesita Putri Pramitha, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom

Mohamad Syahriar Sugandi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom

Asaas Putra, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom

Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom

Referensi

Arief, A.N. (2019) Strategi Komunikasi Pemasaran Marketplace B2B dan B2C Berbasis UKM (Studi Analisis pada Platform Marketplace BLANJA.com). Universitas Telkom.

Effendy, O.U. (1986) Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung, Alumni.

Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (2012) Undang-undang Republik Indonesia No. 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. [Online]. 2012. Available from: https://www.kemhan.go.id/itjen [Accessed: 3 October 2018].

Mahasagara, S.P. (2019) Strategi Komunikasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya di Bali. Universitas Telkom.

Oktora, M.Y. (2017) Komunikasi Pemasaran PT Pindad (Persero) di Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Kajian Komunikasi, Universitas Padjajaran. 5 (2), 190–201.

Parag, D. (1999) Communication Management. Kuala Lumpur, Golden Books.

Pindad (2017) Annual Report PT Pindad (Persero) Tahun 2017. [Online]. 2017. Available from: https://www.pindad.com/annual-report. [Accessed: 3 October 2018].

Seskowanti, D.A. (2016) Bauran Promosi Panser Anoa PT . Pindad. Prosiding Manajemen Komunikasi, Universitas Islam Bandung. 2 (2), 265–272.

Sudarsono, J. (2008) Buku Putih Pertahanan Indonesia. [Online]. Jakarta, Departemen Pertahanan Republik Indonesia.

Wijaksono, D.S. (2018) Komunikasi Pemasaran Perum Perhutani dalam Promosi Ekoturisme Kawah Putih. 4 (2), 130–144.