Sandiaga Uno dalam Konstruksi Media

Isi Artikel Utama

Launa Launa

Abstrak

Framing media atas figur politik akan sangat menentukan tingkat penerimaan publik. Framing juga terjadi terhadap Sandiaga Uno, salah satu figur politik muda Indonesia yang saat ini cukup populer terutama di media sosial. Salah satu framing atas Sandiaga Uno dilakukan oleh Kompas.com. Kajian ini mencoba mengulas framing pemberitaan Kompas.com atas Sandiaga Uno yang diwacanakan akan kembali menjabat sebagai wakil gubernur DKI Jakarta pasca kekalahan Sandiaga Uno bersama pasangannya, Prabowo Subianto, dalam pemilihan presiden 21 Mei 2019 lalu. Melalui pendekatan kualitatif berbasis analisis framing model Entman, hasil analisis menunjukkan konstruksi pemberitaan Kompas.com atas wacana Sandiaga Uno yang akan kembali menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta tidak jelas sumber beritanya dan cenderung negatif.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adian, D.G. (2002) Menyoal Obyektivitas Ilmu Pengetahuan. Traju. Jakarta.

Andriyanto, S., Panji, Y. & Sagita, D. (2018) Konstruksi Berita Pasca Pelantikan Gubernur Baru DKI JAKARTA Anies Baswedan–Sandiaga Uno Periode 2017-2022 (Analisis Framing Robert N. Entman Pada Media Online Kompas. com, Detik. com, dan Republika. co. id).

Anggoro, I.A., Gono, J.N.S. & Si, M. (2017) Sikap Media Online Kompas. com Terhadap Pemberitaan Basuki Tjahaja Purnama. Interaksi Online. 19 (3), 1–19.

Arifin, A. (2010) Pers dan Politik: Analisis Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta, Yasrif Watampone.

Asmara, C.G. (2019) Mendagri Soal Sandiaga Balik Jadi Wagub DKI: Seyogianya tidak. [Online]. 2019. CNBC Indonesia. Available from: https://www.cnbcindonesia.com/news/20190424153703-4-68595/mendagri-soal-sandiaga-balik-jadi-wagub-dki-seyogianya-tidak [Accessed: 30 April 2020].

Azdkia, A. (2014) Media sebagai Aktor Politik. [Online]. 2014. Available from: https://www.slideshare.net/pindai/media-sebagaiaktorpolitikagniapindai [Accessed: 16 March 2020].

Badara, A. (2012) Analisis wacana: Teori, metode, dan penerapannya pada wacana media. Prenada Media.

Berger, P.L.& T.L. (1990) Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan (diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). Jakarta, LP3ES.

Berger, P.L. & Luckman, T. (2013) Tafsir sosial atas kenyataan: Risalah tentang sosiologi pengetahuan. LP3ES.

Entman, R.M. (1993) Framing: Toward clarification of a fractured paradigm. Journal of communication. 43 (4), 51–58.

Eriyanto (2011) Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta, LkiS.

Eriyanto (2001) Analisis wacana : pengantar analisis teks media. Yogyakarta, PT. LKiS Printing Cemerlang.

Fashri, F. (2014) Pierre Bourdieu: Menyingkap Kuasa Simbol. Yogyakarta: Jalasutra.

Hariyanto, I. (2019) Soal Isu Sandiaga Balik ke Kursi Wagub DKI, Ini Tanggapan Anies. [Online]. 2019. detikNews. Available from: https://news.detik.com/berita/d-4519976/soal-isu-sandiaga-balik-ke-kursi-wagub-dki-ini-tanggapan-anies [Accessed: 30 April 2020].

Hasan, N. (2012) Islam politik di dunia kontemporer: konsep, genealogi, dan teori. Suka-Press.

Hill, D.T. (2011) Pers di Masa Orde Baru. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jamil, A. (2014) Gerakan Sosial dalam Perspektif Framing: Studi Pembentukan Proses dan Pertarungan Framing Pada Gerakan Sosial Sengketa Komisi Pemberantasan Korupsi dengan Polri Tahun 2009 dan 2012. [Online]. Available from: http://lib.ui.ac.id/file?file=pdf/abstrak-20364586.pdf.

Karim, S. & Alamsyah, A. (2018) Analisis Framing : Konstruksi Pemberitaan Islam dan Politik Pada Harian Amanah 2017. JPP (Jurnal Politik Profetik). [Online] 6 (2), 198–233. Available from: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpp/article/download/6867/5660.

Keller, A. (2009) Tantangan Dari Dalam. Jakarta: Friedrich Ebert Stiftung (FES) Indonesia Office.

Kompas.com (2019) Kompas.com. [Online]. 2019. Available from: https://inside.kompas.com/about-us [Accessed: 6 June 2019].

Ks, I.S. & Soemardjo, S. (1999) Dunia penyiaran: prospek dan tantangannya. Gramedia Pusataka Utama.

Launa (2018) Konstruksi Wacana Intoleransi Kelompok Islam dalam Pemberitaan Media: Analisis Semiotika Sosial Wacana Intoleransi Pada Teks Berita Harian Kompas dan Republika di Masa Kampanye Pemilihan Kepala Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016. Universitas Jayabaya.

Lippmann, W. (1998) Public Opinion. 2nd edition. [Online]. Transaction Publishers. Available from: https://monoskop.org/images/b/bf/Lippman_Walter_Public_Opinion.pdf.

Nailufar, N.N. (2019a) Bisakah Sandiaga Kembali Jadi Wagub DKI? [Online]. 2019. Kompas.com. Available from: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/18/18013351/bisakah-sandiaga-kembali-jadi-wagub-dki [Accessed: 31 May 2019].

Nailufar, N.N. (2019b) Ini yang Harus Dilakukan jika Sandiaga Ingin Kembali Dijadikan Wagub DKI. [Online]. 2019. Kompas.com. Available from: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/18/20475591/ini-yang-harus-dilakukan-jika-sandiaga-ingin-kembali-dijadikan-wagub-dki [Accessed: 28 May 2019].

Nailufar, N.N. (2019c) Kemendagri Ingatkan Tak Etis jika Sandiaga Kembali Jadi Wagub DKI. [Online]. 2019. Kompas.com. Available from: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/18/18451331/kemendagri-ingatkan-tak-etis-jika-sandiaga-kembali-jadi-wagub-dki [Accessed: 28 May 2019].

Nailufar, N.N. (2019d) Sandiaga Uno dan Kemungkinan Kembali Jadi Wagub DKI. [Online]. 2019. Kompas.com. Available from: https://megapolitan.kompas.com/read/2019/04/19/09363561/sandiaga-uno-dan-kemungkinan-kembali-jadi-wagub-dki?page=all [Accessed: 28 May 2019].

Oetama, J. (1989) Perspektif pers Indonesia. LP3ES.

Pharr, S.J. & Krauss, E.S. (1996) Media and politics in Japan. University of Hawaii Press.

Piliang, Y.A. (2004) Posrealitas: realitas kebudayaan dalam era posmetafisika. Jalasutra.

Rachanca, M. (2018) Pembingkaian Koran Kompas dan Republika terhadap Peristiwa Perang Israel-Palestina. Interaksi Online. 1 (1).

Rahardjo, M. (2018) Paradigma Interpretif. [Online]. Available from: http://repository.uin-malang.ac.id/2437/1/2437.pdf.

Ramdan, M. (2017) Frame Pemberitaan Sandiaga Salahuddin Uno Jelang Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua di Mediaindonesia.com dan Republika.co.id. [Online]. Available from: https://www.iisip.ac.id/content/frame-pemberitaan-sandiaga-salahuddin-uno-jelang-pilkada-dki-jakarta-putaran-kedua-di-mediai.

Rohman, F. & Surahmat (2016) Politik Bahasa Penguasa. Jakarta, PT. Kompas Media Nusantara.

Romli, A.S.M. (2012a) Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung, Nuansa Cendikia.

Romli, A.S.M. (2009) Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Revisi. Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Romli, A.S.M. (2012b) Pengertian Agenda Setting dan Kebohongan Media Massa. [Online]. 2012. Available from: https://romeltea.com/agenda-setting-dan-kebohongan-media.

Sappaile, B.I. (2010) Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2), 1–16.

Sofyan, A. (2015) Media Massa Sudah Menjelma Sebagai Aktor Politik. [Online]. 2015. Available from: http://theglobal-review.com/media-massa-sudah-menjelma-sebagai-aktor-politik [Accessed: 15 March 2020].

Supardi, A. (2017) Berani, Tegas, Benar: Analisis Framing Okezone. com., Mediaindonesia. com, dan Kompas. com terhadap Ahok dalam Isu Reklamasi. Komunikatif. 5 (2), 35–60.

Suryana, M. (2008) Ideologi pemberitaan surat kabar Republika dan Kompas dalam kasus penerbitan majalah playboy Indonesia.

Utomo, W.P. (2015) Jurnalisme Kepiting Kompas. [Online]. 2015. remotivi.or.id. Available from: https://www.remotivi.or.id/kabar/76/Jurnalisme-Kepiting-Kompas.