Strategi Marketing Public Relations untuk Membangun Citra Innisfree melalui Penggunaan Virtual Reality
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini membahas mengenai strategi marketing public relations untuk membangun citra Innisfree melalui penggunaan Virtual Reality (VR). Meningkatkan citra brand di tengah gencarnya persaingan dalam industri kecantikan Indonesia tentunya penting dilakukan untuk memenangkan perhatian publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi marketing public relations melalui penggunaan virtual reality untuk membangun citra Innisfree. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) dengan informan internal, informan eksternal, beserta studi kepustakaan sekunder. Pemeriksaan keterpercayaan data dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil temuan dari strategi pull yaitu melakukan pemberitaan online, mengadakan media event, kompetisi online, dan melakukan survei baik secara langsung maupun online.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Harris, T. L., & Whalen, P. T. (2006). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st Century. Ohio: Thomson Higher Education.
Innisfree. (2017). Tentang Innisfree “Konsep Brand.” Retrieved from http://www.innisfree.com/id/id/BrandPage.do?pageName=brand_concept [Accessed: March 28, 2018].
Jefkins, F. (2002). Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Jerald, J. (2016). The VR Book “Human-Centered Design for Virtual Reality.” New York: ACM.
Kemenperin. (2016). Berita Industri: Produk Impor Kuasai Pasar Kosmetik. Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/artikel/11943/Produk-Impor-Kuasai-Pasar-Kosmetik [Accessed: March 25, 2018].
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2009). Marketing Management: An Asian Perspective (5th Ed.). Singapore: Pearson Education South Asia.
Oliver, S. (2007). Strategi Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Saggio, G., & Ferrari, M. (2012). New Trends in Virtual Reality Visualization of 3D Scenarios. In Virtual Reality - Human Computer Interaction. doi:10.5772/46407
Smith, R. D. (2013). Strategic Planning for Public Relations. New York: Sheridan Group.
Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tranggono, R. I., & Latifah, F. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9, 31–43.
Wasesa, S. A., & Macnamara, J. (2010). Strategi Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wulandari, D. (2016). Ramai Brand Korea Bertarung di Pasar Kosmetik, Siapa Menang? Retrieved from https://mix.co.id/marcomm/news-trend/ramai-brand-korea-bertarung-di-pasar-kosmetik-siapa-menang [Accessed: March 15, 2018].