Strategi Marketing Public Relations untuk Membangun Citra Innisfree melalui Penggunaan Virtual Reality

Isi Artikel Utama

Fathia Ramadani
Kiki Rizqi Sofia

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai strategi marketing public relations untuk membangun citra Innisfree melalui penggunaan Virtual Reality (VR). Meningkatkan citra brand di tengah gencarnya persaingan dalam industri kecantikan Indonesia tentunya penting dilakukan untuk memenangkan perhatian publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi marketing public relations melalui penggunaan virtual reality untuk membangun citra Innisfree. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sifat deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) dengan informan internal, informan eksternal, beserta studi kepustakaan sekunder. Pemeriksaan keterpercayaan data dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil temuan dari strategi pull yaitu melakukan pemberitaan online, mengadakan media event, kompetisi online, dan melakukan survei baik secara langsung maupun online.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Fathia Ramadani, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Public Relations, STIKOM The London School of Public Relations

STIKOM The London School of Public Relations

Kiki Rizqi Sofia, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Public Relations, STIKOM The London School of Public Relations

STIKOM The London School of Public Relations

Referensi

Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Harris, T. L., & Whalen, P. T. (2006). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st Century. Ohio: Thomson Higher Education.

Innisfree. (2017). Tentang Innisfree “Konsep Brand.” Retrieved from http://www.innisfree.com/id/id/BrandPage.do?pageName=brand_concept [Accessed: March 28, 2018].

Jefkins, F. (2002). Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Jerald, J. (2016). The VR Book “Human-Centered Design for Virtual Reality.” New York: ACM.

Kemenperin. (2016). Berita Industri: Produk Impor Kuasai Pasar Kosmetik. Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/artikel/11943/Produk-Impor-Kuasai-Pasar-Kosmetik [Accessed: March 25, 2018].

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2009). Marketing Management: An Asian Perspective (5th Ed.). Singapore: Pearson Education South Asia.

Oliver, S. (2007). Strategi Public Relations. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Saggio, G., & Ferrari, M. (2012). New Trends in Virtual Reality Visualization of 3D Scenarios. In Virtual Reality - Human Computer Interaction. doi:10.5772/46407

Smith, R. D. (2013). Strategic Planning for Public Relations. New York: Sheridan Group.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tranggono, R. I., & Latifah, F. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT . Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9, 31–43.

Wasesa, S. A., & Macnamara, J. (2010). Strategi Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wulandari, D. (2016). Ramai Brand Korea Bertarung di Pasar Kosmetik, Siapa Menang? Retrieved from https://mix.co.id/marcomm/news-trend/ramai-brand-korea-bertarung-di-pasar-kosmetik-siapa-menang [Accessed: March 15, 2018].