Disinformasi Terkait Ridwan Kamil dan Sikap Pemilih Pemula pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat

Isi Artikel Utama

Heni Nuraeni Zaenudin

Abstrak

Fenomena disinformasi dalam konteks pemilihan kepala daerah menjadi fenomena yang besar di Indonesia. Media sosial menjadi target paling banyak tersebarnya konten yang bersifat disinformasi, salah satunya dalam pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Jawa Barat periode 2018-2023. Sasaran pesan disinformasi yang tersebar merupakan pemilih pemula dan swing voters mengingat pengguna media sosial terbanyak di Indonesia adalah anak muda dengan rentang usia 15-35 tahun. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh terpaan disinformasi pada media sosial terhadap persepsi pemilih pemula dalam menetukan pilihan pada Pilakada Jawa Barat, (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh aspek penonjolan konten pesan yang bersifat disinformasi pada media sosial terhadap persepsi pemilih pemula dalam menetukan pilihan pada Pilkada Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif survei eksplanatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari disinformasi yang tersebar melalui media sosial bagi pemilih pemula dalam menentukan pilihan di Pilkada Jawa Barat tahun 2018. Akan tetapi pengaruh yang dihasilkan tidak begitu signifikan. Hal tersebut dikarenakan para pemilih pemula cenderung melihat bukti nyata keberhasilan Ridwan Kamil saat menjabat sebagai Walikota Bandung

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Malik, A. (2016). Agitasi dan Propaganda di Media Sosial (Studi Kasus Cyberwar Antar-Netizen terkait Dugaan Penistaan Agama oleh Basuki Tjahaja Purnama). Lontar, 4(3), pp. 1–15.

APJII .(2017). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Jakarta:APJII.

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, S. K. (2014). Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chen, Yoke yiie, et all (2014). Email Hoax Detection System Using Levenshtein Distance Methods. Journal of Computers, 9(2).

Christiany, J. (2018) ‘Christiany Juditha’, Jurnal Pekommas, 3(1), pp. 31–44. Available at: https://www.neliti.com/publications/261723/hoax-communication-interactivity-in-social-media-and-anticipation-interaksi-komu.

dailysocial.id (2018) “Hoax Distribution Through Digital Platforms in Indonesia 2018”. Jakarta. Available at: https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-distribusi-hoax-di-media-sosial-2018.

Effendy, O. U. (2009) Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: Grasindo Rosdakarya.

Hutabarat, D. (2018) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jakarta: Kominfo. Available at: https://kominfo.go.id/content/detail/8949/ini-cara-mengatasi-berita-hoax-di-dunia-maya/0/sorotan_media (Accessed: 25 March 2019).

Keskenidou, M. et al. (2014). The Internet as A Source of Information. The Social Role of Blogs and Their Reliability’, Observatorio, 8(1), pp. 203–228.

Kriyantono, R. (2009) Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Predana Media Group.

Lesmana, Ig. N. A. (2012). Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment. Universitas Indonesia.

Mar’at .(2001). Sikap Manusia: Perubahan serta pengukuranya. Bandung: Ghalia Indonesia.

Nashrullah, R. (2015) Media Sosial Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Teknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Parkinson, H. J. (2016) Click and elect: how fake news helped Donald Trump win a real election. Available at: https://www.theguardian.com/commentisfree/2016/nov/14/fake-news-donald-trump-election-alt-right-social-media-tech-companies (Accessed: 9 December 2018).

Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sasmita, S. (2011). Peran Informasi Politik Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Pemilu/Pemilukada. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 2(1), pp. 217–224.

Sekaran, U. (2003). Research Methods For Bussiness ‘4’ ^"th" Ed. United Kingdom: Wiley Publication.

Severin, Werner J. & Tankard, J. W. (2009). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terpaan di dalam Media Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Yustiningrum, R. E. and Ichwanuddin, W. (2015). Political Participation and Voting Behavior in General Election 2014. Jurnal Penelitian Politik, 12(1), pp. 117–135.