Hubungan Antara Karakteristik Sosial Ekonomi Dengan Pengambilan Keputusan Inovasi Siaran Televisi Digital

Isi Artikel Utama

Haryati Haryati

Abstrak

Migrasi dari teknologi analog ke teknologi digital, membutuhkan banyak persiapan, baik dari sisi perangkat, regulasi, industri penyiaran, maupun masyarakat. Penelitian ini mengacu kepada Diffusion of Innovations theory (teori Difusi Inovasi) (Rogers, 1986) yang mencoba menjelaskan bagaimana sebuah inovasi (teknologi) dapat diterima ke dalam masyarakat, melalui suatu proses keputusan. Tujuannya adalah tersusunnya gambaran difusi inovasi dalam penerapan sistem siaran televisi digital di masyarakat. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sosial ekonomi dengan Pengambilan Keputusan Inovasi terhadap siaran televisi digital. Penelitian dilaksanakan di 7(tujuh) Kabupaten/ Kota di Provinsi Jabar dan Provinsi Banten. Pemilihan sampel dilakukan dengan Multistage Cluster Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 813 orang yang ditetapkan dengan teknik Proportional Sampling, kategori responden usia 15 tahun s/d 64 tahun. Hasil uji signifikansi dengan metode Pearson pada tingkat α 5% menunjukkan bahwa, hubungan antara variabel Pengambilan Keputusan Inovasi dengan karakteristik sosial ekonomi pada tiga aspek, yaitu pendidikan, pendapatan, dan pengeluaran adalah lemah dan signifikan, sementara pada akses informasi, nilai hubungan sedang dan signifikan. Hal ini mengisyaratkan akan perlunya upaya penguatan kapasitas absorpsi masyarakat dalam menghadapi siaran televisi digital, dapat dilakukan dengan memperbaiki nilai setiap komponen yang ada pada tataran operasional. Sebagai prioritas, adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat khususnya dari sisi pendidikan, penghasilan, dan pengeluaran perbulan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Rogers, Everett M. (1986). Communication Technology. The New Media in Society. New York: Free Press

Rogers, Everett M. (1995). Diffusion of Innovation. New York: Free Press

Rogers, Everett M., and Shoemaker. (1971). Communication of Innovations. New York: Free Press

Severin, Werner J dan James W. Tankard. (2005). Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Surakhmad, Winarno. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah dan Dasar Metode Teknik. Bandung: Transito.

Yusuf, Iwan Awaluddin. (2012). Problematika Infrastruktur dan Teknologi dalam Transisi dari Sistem Penyiaran Analog Menuju Digital. IPTEK-KOM, Vol. 14, No. 2, Desember hal. 177-190.

Laporan Penelitian/Artikel Seminar:

PIH Kominfo. (2012). Konvergensi, Edisi III Tahun 2012. Jakarta: Kominfo.

Subiantoro, Bambang. (2010). Prospek Bisnis Penyiaran di Indonesia yang Dipengaruhi Kemajuan Teknologi. Naskah dipresentasikan dalam Rakornas KADIN, Jakarta.

Soemarsono, dkk. (2010). Studi Kesiapan Masyarakat terhadap Penerapan Sistem Penyiaran Televisi Berteknologi Digital di Indonesia. Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo

Peraturan Menteri Kominfo No.22/PER/M.KOMINFO/11/2011 tentang Penyelenggaraan Penyiaran Televisi Digital Teresterial Penerimaan Tetap Tidak Berbayar (Free To Air).

Peraturan Menteri Kominfo No.23/PER/M.KOMINFO/11/2011 tentang Rencana Induk (Masterplan) Frekuensi Radio Untuk Keperluan Televisi Siaran Digital Teresterial.

Peraturan Menteri No. 07/P/M.KOMINFO/3/2007 tentang Standar Penyiaran Digital Terrestrial untuk Televisi Tidak Bergerak.

Wibawa, Arif dkk. (2011). Model Bisnis Penyiaran Televisi Digital di Indonesia Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Tersedia dalam <http://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=a&id=264928>. Diakses tanggal 29 Agustus 2013.

Ditjen SDPPI. (2008). Selamat Datang Era Penyiaran televisi dan Radio Digital. Siaran Pers No. 55/DJPT.1/KOMINFO/5/2008. 12-05-2008. Tersedia dalam <http://www.postel.go.id/info_view_c_26_p_713.htm>. Diakses tanggal 28 Agustus 2013.

Hafni, Zunita. (2011). Pengaruh Karakteristik Inovasi dan Sistem Sosial terhadap Adopsi Inovasi Program Bina Keluarga Balita (BKB) di Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Master Theses, University of Sumatera Utara (USU). Tersedia dalam <http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/30598>. Diakses tanggal 28 Agustus 2013.

Sindonews.com. (2013). Indonesia memasuki era televisi Digital. Advertorial. Tersedia dalam <http://ekbis.sindonews.com/read/2013/07/25/34/765040/indonesia-memasuki-era-televisi-digital> atau di <http://televisidigital.kominfo.go.id/?p=130>. Diakses tanggal 4 September 2013.

Subarkah, AW. (2009). Sejarah televisi Digital Baru Dimulai. Tersedia dalam <http://tekno.kompas.com/read/2009/07/16/04404267/sejarah.televisi.digital.baru.dimulai>. Diakses tanggal 28 Agustus 2013.