Pengaruh Sinetron Remaja di Televisi Swasta terhadap Sikap mengenai Gaya Hidup Hedonis

Isi Artikel Utama

C. Suprapti Dwi Takariani

Abstrak

Tayangan sinetron saat ini hampir mendominasi program acara di televisi swasta. Tema-tema ceritanya sebagian besar berisi gaya hidup remaja yang glamor dan kemewahan.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh intensitas menonton, daya tarik, dan isi pesan tayangan sinetron remaja di televisi swasta terhadap sikap mengenai gaya hidup hedonis. Penelitian ini menggunakan metode survei penjelasan (Explanatory Survey Method). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Cimahi, Provinsi Jawa Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Proportional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan sinetron remaja di televisi swasta berpengaruh secara signifikan terhadap sikap mengenai gaya hidup hedonis.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Archie, Brahm. (2003). Filsafat Perbandingan. Yogyakarta: Kanisius.

Arikunto, Suharsimi.(1998).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. (1986). Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.

……………………… (2003). Komunikasi dalam Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rahmat.(2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Morissan. (2009). Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio&Televisi. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rakhmat, Jalaluddin. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

……………………..(2007). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saifuddin, Azwar. (1995). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

….......…………… (1997). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Severin, Werner J dan James W.Tankard, Jr. (2002). Teori Komunikasi Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa. Edisi ke2. Jakarta: Kencana Prenada Medai Group.

Singarimbun, Masri.1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo.

Tan, Alexis S. (1981). Mass Communication Theories and Research. Columbus Ohio: Grid Publishing, inc.

Vivian, John. (2008). Teori Komunikasi Massa edisi kedelapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rinawati, Rini. (2002) Pengaruh Sinetron Terhadap Sikap Ibu-Ibu Mengenai Peran Ganda Wanita. MediatorJurnal Komunikasi, Volume 3. No. 1, hal.110.

Anonim.(2011).Sinetron.Tersedia dalam <http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?>. Diakses tanggal 29 Januari 2013.

Dyah, Purplenita.(2012). Tersedia dalam <http://purplenitadyah.wordpress.com/2012/05/05/hedonisme/> diakses tanggal 13 April 2013.

Falanta, Evelin.(2011).Duh, ternyata jumlah penonton sinetron di kuartal I 2011 naik 55%. Tersedia dalam <http://industri.kontan.co.id/news/duh-ternyata-jumlah-penonton-sinetron-di-kuartal-i-2011-naik-55-1>. Diakses tanggal 30 Januari 2013.

Munandar, Imam.(2012). Hedonisme. Tersedia dalam <http://ipsb2011.wordpress.com/2012/06/10/hedonisme/>.Diakses tanggal 13 April 2013.

Yagami,Wing.(2011).Sinetron sebagai Media Massa, Perkembangan serta Pengaruhnya.Tersedia dalam <http://www.winkplace.com/2011/03/sinetron-sebagai-media-massa.html>. Diakses tanggal 3 Februari 2013.