Komunikasi dalam Transformasi Budaya Perusahaan

Isi Artikel Utama

Susie Perbawasari
Yanti Setianti

Abstrak

PT Dahana (Persero) yang semula merupakan perusahaan monopoli mengalami perubahan menjadi perusahaan yang memiliki pesaing tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari perusahaan asing, untuk itu diperlukan upaya transformasi budaya perusahaan supaya perilaku karyawannya dapat menyesuaikan dengan visi perusahaan yakni menjadi pemain global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman karyawan mengenai nilai budaya lama dan pemahaman karyawan mengenai nilai budaya baru perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan paradigma konstruktivisme, dan jenis studi adalah studi kasus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa karyawan memahami nilai budaya lama perusahaan sebagai budaya kekeluargaan, kepemimpinan, santai, birokrasi, kurang kompetitif, kurang client oriented, tidak berbasis kompetensi. Karyawan memahami budaya baru perusahaan sebagai budaya yang memiliki nilai disiplin, adanya reward dan punishment, efisien, berdasarkan kompetensi, mengutamakan pendidikan tetapi kurang adanya keteladanan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Buku:

Berger, Peter L, and Thomas Luckman. (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan. Terjemahan Hasan Basri dari The Social Contruction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. Jakarta: LP3ES.

Bungin, H.M. Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Kuswarno, Engkus. (2008). Metode Penelitian Komunikasi Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Littlejohn, Stephen W. (2009). Teori Komunikasi. Theories of Human Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, Deddy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Moeljono, Djokosantoso. (2003). Budaya Korporat dan Keunggulan Korporasi. Jakarta: Gramedia.

Pace dan Faules. (2001). Komunikasi Organisasi. Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Karya.

Suprayogo, Imam dan Tobroni. (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remadja Rosdakarya.

West, Richard and Lynn H. Turner. (2007). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: Mc Graw Hill.

Wibowo. (2010). Budaya Organisasi. Sebuah Kebutuhan untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sumber lainnya :

Hasil Raker. (2008). Paparan Budaya Perusahaan.Subang.

Majalah Internal D File no 44, Desember 2010.

Majalah Internal D File no 47, Maret 2011.