Kepercayaan Klien terhadap Konsultan Humas

Isi Artikel Utama

Tito Edy Priandono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pembentukan  kepercayaan berdasarkan pengalaman klien. Hubungan bisnis terkait dengan masalah dengan risiko untung-rugi, sehingga keputusan untuk memberikan kepercayaan kepada rekanan bisnis didorong oleh pertimbangan rasional. Kerangka konseptual yang digunakan adalah faktor primer kepercayaan yang meliputi reputasi, kinerja, penampilan, dan faktor sekunder kepercayaan yang meliputi akuntabilitas, pra komitmen, dan suasana komunikasi. Penelitian menggunakan  pendekatan kualitatif dengan  menggunakan teori Pilihan Rasional. Respoden penelitian adalah klien konsultan humas yang meliputi baik perusahaan dan lembaga nirlaba yang berlatar belakang organisasi nasional maupun international. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi menjadi faktor primer paling signifikan dalam proses pembentukan kepercayaan klien terhadap konsultan pada tahap pra relasi. Sedangkan faktor sekunder berupa pra komitmen. Ketika relasi terbentuk, kinerja konsultan menjadi faktor primer yang menentukan kepercayaan klien, dari pada aspek yang lain seperti penampilan, suasana komunikasi, dan akuntabilitas.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Alston, Margareth dan Wendy Bowles. (2003). Research for Social Workers: an Introduction to Methods. Routledge.

Baines, Paul et al. (2002). Public Relations: Contemporary Issues and Techniques. Routledge.

Chia, Joy. (2005). Is Trust a Necessary Component of Relationship Management. Henry Stewart Publication.

Cresswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design. Sage.

Daymon, Christine dan Holloway, Immy. (2005). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications. Routledge.

Harrington,Austin et al. (2005). Encyclopedia of Social Theory. Routledge.

Hinrichsen, Catherine L. (2005). Public Relations Agency. Sage.

Ihlen, A'yvind, et al. (2009). Public Relations and Social Theory: Key Figures and Concept. LEA Communication Series.

Neuman, William Lawrence. (2006). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches.Pearson.

Sztompka, Piotr. (2003). Trust: A Sociological Theory. Cambridge University Press.

Vanderstoep, Scott W dan Johnston, Deidree D. (2009). Research Methods for Everyday Life. Jose Bass.

Ward, Aidan dan Smith, John. (2003). Trust and Mistrust: Radical Risk Strategies in Business Relationship. John Wiley and Sons.

Yin, Robert K. (2003). Applications of Case Study Research. Sage.