Peran Chief Information Officer dalam Kelembagaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pemerintah Kota Depok
Main Article Content
Abstract
Chief Information officer (CIO) merupakan suatu jabatan yang diberikan kepada seseorang dalam lembaga pemerintahan yang memiliki tanggung jawab mengembangkan konsep tata kelola di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam posisi ini CIO berperan sebagai agent of change yang menetapkan perencanaan, kebijakan, serta mengevaluasi berbagai program yang terkait dengan implementasi TIK. Penelitian ini dilaksanakan pada Pemerintah Kota Depok melalui pendekatan studi eksploratif (exploratory studies), melalui focus group discussion (FGD) dilingkungan Dinas Kominfo dan Sekretariat Daerah Bidang Kehumasan. Hasil penelitian adalah peran CIO perlu ditempatkan pada level strategis setingkat di bawah Sekretaris Daerah yang dapat mengakomodasi seluruh kepentingan OPD, peran perencanaan program-program TIK serta eksekutor ditempatkan pada level Badan Perencanaan Daerah dan dinas/lembaga teknis daerah. Sedangkan kompetensi jabatan CIO harus memiliki objektivitas dan akuntabilitas yang baik , sesuai dengan standar kompetensi teknis, manajemen TIK dan fungsi koordinasi/komunikasi.
Article Details
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Dwiyanto, Agus (Editor). (2005) Mewujudkan Good Governance
Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press.
Darono, Agung. (2011) Chief Information Officer Dalam Aktualisasi Manajemen Strategi, Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi, Program Magister TI. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Gluck, F.W., S.P, Kaufman dan AS Walleck. (1999) The Four Phases of Strategic Management. Journal Business Strategy No 3. pp.417
Hariwijaya ,M. (2007) Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Elmatera Publishing.
Indrajit, Richardus Eko. (2006) Electronic Government. Yogyakarta: Penerbit Andi.
IBM Institute for Business Value. (2009) Insight From The Global CIO Study. IBM Gobal Business Services.
Nupikso. Daru. (2010) 15 (lima belas) Kumpulan Karya Tulis Temu Ilmiah
Peneliti II, Bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi Tahun 2010. Bandung.
Panduan Umum Tata Kelola TIK Nasional. Versi 1. (2007).
Supangkat, Suhono Harso. (2008) CIO, Peran Kepemimpinan Pengelola Informasi Untuk Pertumbuhan Organisasi, Cetakan Pertama. Bandung: ICT Institute STIE ITB.
Wheelen. Thomas L. dan J. David Hunger. (2004) Strategic Business and Business. 9th Edition. Pearson Education Management.
Wim Van Grembergen. (2004) Strategies for Information Technology Governance, Idea Group Inc.
Ardianto,Elvinaro. (2010) Advertorial Corporate Social Responsibility (CSR) di Media Massa Cetak. Jurnal Penelitian Komunikasi, Majalah Ilmiah Vol 13 No. 2 . Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung.
Eko Prasojo, (2012) Sistem Manajemen Kebijakan Publik, Wakil Menteri
Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tersedia dalam:
<http://www.ekoprasojo.com/2012/07/261>, diakses tanggal 5 Agustus 2012.
Rozas, Indri Sudanawati. (2012) Frame Work Tata Kelola IT, tersedia dalam: <http://www.indrisudanawati.dosen.narotama.ac.id>. diakses tanggal 10 Agustus 2012.
Kumoro, Wahyudi. Kegagalan Penerapan e-Government dan Kegiatan Tidak Produktif dengan Internet. Tersedia dalam <http://kumoro.staff.ugm.ac.id/op_content/uploads/2009.