Audit Komunikasi Organisasi Layanan Akademik di IAIN Bengkulu
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi komunikasi layanan akademik di IAIN Bengkulu. Metode penelitian digunakan deskriptif kualitatif studi kasus menggunakan pendekatan dan model audit komunikasi. Audit komunikasi layanan akademik di IAIN Bengkulu fokus pada evaluasi arah aliran komunikasi serta bentuk penyebaran dan media yang dipakai. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Ada 12 informan penelitian dari bagian akademik, kemudian data dianalisis untuk evaluasi audit komunikasi. Arah aliran informasi layanan akademik terjadi secara formal melalui komunikasi vertikal arah aliran informasi berlangusung secara diadik mengalir dari kepala bagian hingga staf akademik dan sebaliknya, secara horizontal dalam level yang sama dan lintas saluran orang yang berada dalam struktur yang berbeda, dan informal melalui selentingan. Arah aliran informasi sudah berlangsung lancar meskipun masih ditemukan kendala adanya kurang percaya diri sebagian kasubbag dan staf sebagai penyampai informasi. Bentuk penyebaran pesan layanan akademik terjadi secara serentak dan berurutan, secara serentak distribusi informasi layanan akademik dan pemilihan media komunikasi cukup efektif, namun secara berurutan melalui media tulisan dan belum efektif. Hasil penelitian ini setidaknya berkontribusi dalam kajian bidang komunikasi organisasi khususnya model audit komunikasi pada model evaluasi komunikasi.
Article Details
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Alvian, Y. (2016) Audit Mini Mengenai Kepuasan Komunikasi Organisasi di UD. Prima Jaya. Jurnal e-Komunikasi. [Online] 4 (2), 1–12. Available from: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=14586.
Hardjana, A. (2000) Audit Komunikasi, Teori dan Praktek. Jakarta, Grasindo.
Hardjana, A. (2014) Audit Komunikasi Internal. InterAct. [Online] 3 (2), 1–17. Available from: http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fiabikom/article/view/720.
Hardjana, A. (2016) Komunikasi Organisasi, Strategi dan Kompetensi. Jakarta, Penerbit Buku Kompas.
Hasmira, M.A. (2012) AUDIT KOMUNIKASI DI UNP (Kasus : Komunikasi Lintas Saluran Antara BAAK dan Puskom Universitas Negeri Padang). Humanus. [Online] 11 (1), 66. Available from: doi:10.24036/jh.v11i1.624.
Kotler, P. (2008) Manajemen Pemasaran. 12th edition. Jakarta, Indeks.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2013) Manajemen Pemasaran. Jakarta, Erlangga.
Kriyantono, R. (2008) Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertasi Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Kencana Prenada Media Grup.
Masmuh, A. (2010) Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang, UMM Press.
Morrisan (2008) Jurnalistik Televisi Mutakhir. Jakarta, Kencana Prenadamedia Group.
Nurlita, I. (2012) Investigation of Organizational Communication Climate At Bhayangkara Surabaya University Using Communication Climate Inventory (CCI) Method. Academic Research International. 3 (2), 259–264.
Pace, W. (2006) Komunikasi Organisasi:Strategi Peningkatan Kinerja Perusahaan. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Panghegar, S.F. (2013) Audit Komunikasi Organisasi Horisontal Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya. Jurnal e-Komunikasi. [Online] 1 (1), 183–184. Available from: http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/112/59.
Perbawasari, S. & Setianti, Y. (2013) Komunikasi dalam Transformasi Budaya Perusahaan. Jurnal Penelitian Komunikasi. [Online] 16 (1), 1–12. Available from: doi:10.20422/jpk.v16i1.23.
Ramadani, D., Lestari, P. & Susilo, M.E. (2015) Audit Komunikasi Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM. [Online] 2 (4), 282. Available from: doi:10.24329/aspikom.v2i4.78.
Rosalina, D., Zati, M.R. & Ardiyanti, D.A. (2016) Kajian Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan di Lingkungan Universitas Samudra. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. [Online] 3 (1), 26–33. Available from: http://ojs.uma.ac.id/index.php/bisman/article/view/235.
Suprianto, A. & Rochmaniah, A. (2018) Audit Mini Komunikasi Quality Assurance (AKQUA) untuk Peningkatan Kinerja Karyawan PT Sinar Djaja Can. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi. [Online] 5 (2), 141. Available from: doi:10.21070/kanal.v5i2.1482.
Susanto, A. (2014) Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana Prenadamedia Grup.
Tampubolon, D.P. (2001) Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad Ke 21. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Thadi, R. (2019) Proses Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Vokasional. Journal of Education and Instruction (JOEAI). [Online] 2 (1), 49–55. Available from: doi:10.31539/joeai.v2i1.614.
Yuliyanto, M. (2015) Audit Komunikasi Lembaga Pemerintah Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Jurnal Ilmu Sosial. [Online] 14 (1), 28–38. Available from: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ilmusos/article/view/12754.