Teacher Communication Pattern to Disability Students
Main Article Content
Abstract
Seringkali stimulus verbal dan nonverbal dari lingkungan gagal ditransfer dengan baik oleh anak penyandang disabilitas. Keterbatasan ini tentu saja akan berpengaruh pada pola komunikasi yang digunakan oleh guru dan murid penyandang disabilitas dalam membangun hubungan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas komunikasi verbal dan nonverbal dalam proses pembelajaran seni musik Degung di SLB Negeri Kota Depok. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan metode kualitatif serta menggunakan teori interaksionisme simbolik. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Bentuk komunikasi yang digunakan untuk penyandang disabilitas adalah komunikasi verbal dan nonverbal. Penggunaan komunikasi verbal oleh guru berupa pemilihan kata yang sesederhana mungkin, sehingga pesan verbal dapat dipahami secara baik oleh siswa. Komunikasi nonverbal terdiri dari emblem, illustrator, effect display, regulator, dan adaptor; 2) Pola komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran seni musik Degung menggunakan dua pola komunikasi yaitu pola komunikasi interaksional dan pola komunikasi transaksional; 3) Hambatan yang dihadapi saat proses pembelajaran seni musik Degung ini meliputi hambatan proses penyampaian, hambatan fisik, hambatan semantik, hambatan psikologis, dan hambatan fisiologis.
Article Details
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ali, M. (2007) Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung, PT IMTIMA.
Baqiroh, N.F.A.B. (2018) Mendikbud akan Bentuk Direktorat Khusus Disabilitas.
Devito, J.A. (2011) Komunikasi Antar Manusia. 5th edition. Tangerang, Karisma Publishing Group.
Effendi, M. (2009) Pengantar Psikopedagogig Anak Berkelainan. Jakarta, Bumi Aksara.
Effendy, O.U. (2011) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Fiske, J. (2012) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Hijrah (2017) Hambatan Komunikasi Interpersonal Kaum Lesbian Virginity dalam Pergaulan Sehari-hari di Kota Palu. Jurnal Online Kinesik. 4 (2), 45–56.
Julia, Supriyadi, Tedi, dan P.D.I. (2018) Improving Prospective Primary School Teachers’ Skill in Playing Gamelan Degung: An Action research in Indonesia. Journal of Arts Research and Education. 18 (2), 117–130.
Kusnarto dan Saifudin Z (2010) Pola Komunikasi Suami Istri yang Menjadi Tenaga Pembantu Rumah Tangga di Hari Lebaran. Jurnal Ilmu Komunikasi. 2 (1), 1–9.
Kustawan, D. (2016) Bimbingan an Konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur, PT. Luxima Metro Media.
Kusumawati, T.I. (2016) Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Jurnal Al-Irsyad. VI (2).
Lestari, Maya Puji, Naryoso, Agus, dan W.N.R. (2013) Memahami Pengalaman Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua, Guru, dengan Anak Tunawicara dalam Menanamkan Nilai Prososial dan Antisosial di Masyarakat. Interaksi Sosial. 1 (3), 1–13.
Majid, A. (2013) Strategi Pembelajaran. Bandung, PR Remaja Rosdakarya.
Maulipaksi, D. (2017) Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi. [Online]. 2017. Available from: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02/sekolah-inklusi-dan-pembangunan-slb-dukung-pendidikan-inklusi.
Mudjito (2013) Mengembangkan Bakat-bakat Istimewa Anak Berkebutuhan Khusus. 2013.
Mulyana, D. (2012) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2010) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2005) Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Nurmala, Rina, Syarif Maulana, dan A.P. (2016) Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar. e-proceeding of Management. 3 (1).
Putri, W.D. (2015) Terapi Musik pada Anak Berkebutuhan Khusus, dapat Melatih Sistem Motorik. [Online]. 2015. Available from: https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/15/02/07/njdrbg-terapi-musik-pada-anak-berkebutuhan-khusus-dapat-melatih-sistem-motorik Diakses pada [Accessed: 7 October 2015].
Resna, R.W., Yusniarsih, I., dan Yuliani, P.L. (2017) Study on Gamelan Degung as Music Therapy in an Active Labor Phase on the First Stage of Labor by Using Pain Intensity Rating Scale. International Journal of Advances in Science Engineering and Technology. 5 (3), 87–89.
Sari, Siti Fatimah Mutia, Binahayati, dan B.M. (2017) Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita: Studi Kasus Tunagrahita Sedang di SLB N Purwakarta. Jurnal Penelitian dan PKM. 4 (2), 217–222.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif dan RND. Bandung, Alfabeta.
Wasito, Dian rachmawati, Dwi Sarwindah, dan W.S. (2010) Penyesuaian Sosial Remaja Tuna Rungu yang Bersekolah di Sekolah Umum. Jurnal INSAN. 12 (3).
West, R. & Turner, L.H. (2008) Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. 3rd edition. Nana Setyaningsih (ed.). Jakarta, Salemba Humanika.