Perilaku Komunikasi Verbal dan NonVerbal Anak Tunagrahita
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami dan mendapatkan gambaran secara utuh mengenai realitas komunikasi pada anak tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana konsep diri serta perilaku komunikasi verbal dan nonverbal anak tunagrahita dalam berinteraksi di lingkungan SDLB Negeri 041 Bangkinang tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan interaksi simbolik. Untuk mendapatkan data, digunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri anak tunagrahita informan dipengaruhi oleh significant other yang dikategorikan menjadi dua, yaitu konsep diri positif tipe social comparison dan konsep diri negatif tipe self appraisal. Komunikasi verbal anak tunagrahita dalam berinteraksi di lingkungan SDLB Negeri 041 Bangkinang bersifat aktif dengan defisit bahasa yang terjadi. Sebaliknya komunikasi nonverbal anak tunagrahita lebih bersifat komunikatif yang digunakan sebagai cara untuk menyampaikan pesan, melengkapi atau menegaskan pesan verbal, termasuk ketika mereka menunjukan berbagai reaksi emosi ketika berinteraksi di lingkungan sosialnya.
Article Details
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Basrowi & Sukidin. (2002) Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia.
Delphie, Bandi. (2006) Pembelajaran Anak Tuna Grahita. Bandung: Refika
Aditama.
DeVito, Joseph A. (1997) Komunikasi Antar Manusia. Edisi Kelima. Jakarta: Professional Books.
Fitts, William H., (1984) The Self Concept And Self Actualization. Research
Monograph, No.3, Los Angeles-California: Western Psychological Service.
Kuswarno, Engkus. (2009) Metodologi Penelitian Komunikasi: Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Littlejohn, Stephen W. (1996). Theories of Human Communication. USA: Wadsworth Publising Company.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2005) Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. (2006) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (1999) Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Somantri, Sutjihati. (2007) Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika
Aditama.
Tubbs, Stewart L & Moss, Sylvia. (2005) Human Communication Prinsip-
Prinsip Dasar. Deddy Mulyana (ed). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alimin, Zainal. (2007). Pengajaran Bahasa Bagi Anak Tunagrahita. Tersedia dalam <http://zalimin.blogspot.com/2007/07/blogpost.html>. Weblog [online] Diakses tanggal 20 Oktober 2008.
Lanniari.(2007). Pesan Nonverbal dalam Proses Pembelajaran Anak Retardasi Mental Ringan di Kelas.Tersedia dalam <http://phierda.wordpress.com> diakses tanggal 23 Oktober 2008.
Rochyadi, Endang dan Didi Tarsidi. (2008) Bahasa dan Ketunagrahitaan. <http://erochyadi.blogspot.com/2008_04_01_archive.html>. Diakses tanggal 28 Oktober 2008.
Informasi Pelayanan Pendidikan bagi Anak Tunagrahita. <http://www.ditplb.or.id/2006/index.php?menu=profile&pro=45>. Diakses tanggal 11 November 2008.