Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Remaja Tuna Rungu
Main Article Content
Abstract
Remaja tuna rungu mempunyai kebutuhan yang cukup tinggi atas kebebasan (need of autonomy), ketergantungan (need of succorance), perhatian, dan dukungan (need of exhibition). Sedangkan kebutuhan yang terhambat pemenuhannya ialah kebutuhan untuk berprestasi (need of achievement). Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan gambaran komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi remaja tuna rungu. Teori dan konsep penelitian yang digunakan adalah teori interaksi simbolik, pendekatan humanistis, serta konsep perilaku nonverbal. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi berprestasi remaja tuna rungu dilakukan dengan pendekatan humanistis dengan membangun dan menjaga hubungan yang akrab, menunjukkan rasa percaya, terbuka, adanya kesadaran, menunjukkan adanya upaya memahami perasaan, kejujuran interpersonal, dan perasaan setara. Selain itu juga menitikberatkan pada perspektif interaksi simbolik seperti menanamkan kemampuan berpikir dalam menyelesaikan permasalahan, menerapkan konsep diri yang berkualitas, dan melibatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan berinteraksi dan mengedepankan pentingnya perilaku nonverbal.
Article Details
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ardianto, E., Komala, L. & Karlinah, S. (2007) Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung, Simbiosa Rekatama.
Aw, S. (2011) Komunikasi Interpersonal. 1st edition. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Bochner, A.P. & Kelly, C.W. (1974) Interpersonal competence: Rationale, philosophy, and implementation of a conceptual framework. The Speech Teacher. [Online] 23 (4), 279–301. Available from: doi:10.1080/03634527409378103.
Brown, P.M., Remine, M.D., Prescott, S.J. & Rickards, F.W. (2000) Social Interactions of Preschoolers With and Without Impaired Hearing in Integrated Kindergarten. Journal of Early Intervention. [Online] 23 (3), 200–211. Available from: doi:10.1177/10538151000230030901.
Budyatna, M. & Ganiem, M. (2011) Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta, Kencana.
Dasrun, H. (2012) Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta, Graha Ilmu.
Demidenko, N., Tasca, G.A., Kennedy, N. & Bissada, H. (2010) The Mediating Role of Self-Concept in the Relationship Between Attachment Insecurity and Identity Differentiation Among Women with an Eating Disorder. Journal of Social and Clinical Psychology. [Online] 29 (10), 1131–1152. Available from: doi:10.1521/jscp.2010.29.10.1131.
Devito, J.A. (2011) Komunikasi Antarmanusia. 5th edition. Tangerang, Karisma Publishing Group.
Heryati, E. (2012) Profil Kebutuhan Psikologi Remaja Tunarungu. Jurnal Pedagogia. 10, 9–23.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaandikbud (2020) Data Kemdikbud 2020.
Komariah, A. & Satori, D. (2014) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta.
Kountur, Ronny (2008) Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta, PPM Manajemen.
Lestari, S. (2012) Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai Dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta, Kencana.
Liben, L.S. (1978) Developmental Perspectives on the Experiential Deficiencies of Deaf Children. In: Deaf Children. [Online]. Elsevier. pp. 195–215. Available from: doi:10.1016/B978-0-12-447950-0.50016-2.
Littlejohn, S.W. & Foss, K.A. (2009) Theories Of Human Communication. Wadsworth Publishing Company (ed.). California, Cambridge University Press.
Mulyana, D. (2015) Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Pranungsari, D., Tentama, F. & Tarnoto, N. (2016) Achievement Motivation Training (AMT) Sebagai Upaya Mencegah Kenakalan Remaja. In: Jabrohim & Rina Ratih Sri Sudaryani (eds.). Seminar Nasional: Pemanfaatan Ipteks dalam Membangun Desa Mandiri dan Religius. 2016 Yogyakarta, Pustaka Pelajar. pp. 58–72.
Ritzer, G. & Goodman, D.J. (2007) Teori Sosiologi Modern. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Senorita, Z., Silalahi, B. & Manullang, J. (2018) Terbatas Kemampuan Terhadang Akses Pendidikan. [Online]. 2018. Available from: https://www.validnews.id/Terbatas-Kemampuan-Terhadang-Akses-Pendidikan-RQh [Accessed: 20 January 2018].
Soekanto, S. (1990) Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi IV. In: Jakarta, Penerbit Rajawali. p.
Somantri, S. (2007) Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung, Refika Aditama.
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D).
Sukadji (2001) Motivasi dalam Masyarakat. Jakarta, Gramedia.
Suparno (2001) Pendidikan Anak Tuna Rungu. Yogyakarta, FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Wandi (2016) Banyak Anak Berkebutuhan Khusus Tidak Bisa Sekolah. [Online]. 2016. Available from: http://poskotanews.com/2016/12/09/banyak-anak-berkebutuhan-khusus-tidak-bisa-sekolah/ [Accessed: 15 October 2018].
West, R. & Turner, L.H. (2010) Introduction Communication Theory Analysis and Application. 4th edition. The McGraw-Hill Companies.
Widinarsih, D. (2019) Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial. [Online] 20 (2). Available from: http://jurnalkesos.ui.ac.id/index.php/jiks/article/view/239.
Yusuf, M. (2017) Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta, Kencana.