Strategi Komunikasi Pemasaran Ikan Teri (Stolephorus sp.) Kering
Main Article Content
Abstract
Komunikasi pemasaran merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena merupakan salah satu faktor penentu berhasil tidaknya suatu usaha. Studi ini dilakukan untuk menyusun strategi komunikasi pemasaran yang terjadi pada pemasaran ikan teri kering di Kabupaten Maluku Tenggara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan analisis data menggunakan analisis Strengths, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan, strategi komunikasi pemasaran ikan teri kering di Kabupaten Maluku Tenggara dapat dikatakan sudah baik dengan adanya komunikasi yang baik antara pedagang ikan teri kering dengan pelanggan yang terjadi melalui komunikasi dari mulut ke mulut. Salah satu kelebihan dari kondisi komunikasi pemasaran yang terjadi yaitu saat ini pemasaran ikan teri kering bukan saja dilakukan di Kabupaten Maluku Tenggara tetapi sudah dilakukan diluar daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Berdasarkan kondisi tersebut maka strategi komunikasi pemasaran yang sudah dilakukan dapat dipertahankan untuk lebih meningkatkan peluang. Selain itu dapat menerapkan strategi komunikasi pemasaran lainnya seperti penggunaan teknologi (promosi melalui televisi lokal, radio, Facebook, Twitter dan lain-lain) dan tetap mengutamakan kualitas ikan teri kering.
Article Details
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
David, F.R. (2011) Strategic Management-Manajemen Strategis: Konsep. 12th edition. Jakarta, Salemba Empat.
Dwiastuti, I. (2008) Analisis Manajemen Strategi Industri Energi Alternatif: Studi Kasus Biofuel. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan. 16 (1), 21–33.
Hubeis, M. & Najib, M. (2008) Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta, Elex Media Komputindo.
Keller, K.L. & Kotler, P. (2008) Manajemen Pemasaran. 12th edition. Jakarta, Erlangga.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th edition. Jakarta, Erlangga.
Pearce, J.A. & Robinson, R.B. (2008) Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta, Salemba Empat.
Purwanto, I. (2008) Manajemen Strategi. Bandung, Yrama Widya.
Rangkuti, F. (2004) Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Mencapai Abad 21. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Sedjati, S. (2006) PENGARUH KONSENTRASI KHITOSAN TERHADAP MUTU IKAN TERI (Stolephorus heterolobus) ASIN KERING SELAMA PENYIMPANAN SUHU KAMAR. [Online]. Universitas Diponegoro. Available from: http://eprints.undip.ac.id/15874/.
Shimp, T.A. (2014) Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. 8th edition. Jakarta, Salemba Empat.
Susianawati, R. (2006) KAJIAN PENERAPAN GMP DAN SSOP PADA PRODUK IKAN ASIN KERING DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAMANAN PANGAN DI KABUPATEN KENDAL. Universitas Diponegoro.