Perilaku Komunikasi antara Guru dengan Siswa Broken Home

Main Article Content

Emilsyah Nur

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan beberapa informan sebagai narasumber untuk menjawab permasalahan tentang opini publik terhadap komunikasi interpersonal dalam mengatasi orang tua broken home. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku komunikasi siswa broken home di sekolah belum sepenuhnya efektif. Hal ini disebabkan oleh: intensitas komunikasi antara orang tua dan anak yang masih kurang sehingga anak enggan untuk terbuka kepada orang tuanya mengenai prestasi belajar. Kurangnya dukungan, rasa empati serta sikap positif yang diberikan orang tua kepada anak juga mempengaruhi hubungan interpersonal diantara orang tua dan anak yang menyebabkan anak lebih terbuka kepada teman atau kerabatnya daripada orang tuanya sendiri.Kesetaraan antara orang tua dan anak masih kurang. Perilaku komunikasi yang demikian sangat berpengaruh terhadap perilaku anak di sekolah. Beberapa faktor yang menghambat prilaku komunikasi siswa broken home  diantaranya yaitu  orang tua yang kurang bisa membagi waktu antara pekerjaan dan memberikan perhatian kepada anak di rumah sehingga komunikasi dengan anak tidak berjalan dengan lancar, sikap acuh tak acuh yang ditunjukkan orang tua membuat anak menjauhkan diri dan tidak terbuka kepada orang tua dan ketidakterbukaan siswa terhadap Guru.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Emilsyah Nur, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar

Sebagai Peneliti Madya di BBPPKI Makassar sejak tahun 2015

References

Adrian (2008) Berkomunikasi dalam Keluarga. Surabaya, Pradipta Utama.

Cangara, H. (2007) Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Darwis (2007) Konsep Komunikasi yang Efektif. Jakarta, PT. Rajawali Press.

Devito, J.A. (2008) Ilmu Komunikasi dalam Organisasi. Jakarta, Ghalia Indonesia.

Ernawan, H. (2008) Pendekatan Sosiologi dalam Berkomunikasi. Jakarta, Rosdakarya.

Junaidi (2013) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak di SMAN 4 Samarinda Seberang. eJournal Ilmu Komunikasi. 1 (1), 442–455.

Liliweri (2009) Ilmu dan Teori Berkomunikasi yang Baik. Jakarta, Rajawali Perss.

Napitupulu, D. (2009) Komunikasi dan Psikologi Komunikasi. Jakarta, Panembahan.

Nasution (2009) Masalah dan Solusi dalam Berkomunikasi. Jakarta, Mandar Maju.

Poerwandari (2008) Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta, Gramedia.

Rahmadi (2006) Konsep dan Teori Komunikasi dalam Berperilaku. Jakarta, Grasindo Utama.

Rakhmat, J. (2003) Psikologi Komunikasi. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Ramadhani, R. (2013) Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Membentuk Perilaku Positif Anak pada Murid SDIT Cordova Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi. 1 (3), 112–121.

Sukamadani (2007) Perilaku dalam Berkomunikasi. Jakarta, Panembahan.

Sukarman (2015) Psikologi Anak dan Remaja. Jakarta, Rosdakarya.

Tubbs, S.L. & Moss, S. (2008) Pendekatan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta, Panembahan.

Warsiman (2007) Konteks Komunikasi dan Interaksi Dalam Keluarga. Jakarta, Mandar Maju.