Tingkat Literasi Digital Siswa SMP di Kota Sukabumi

Isi Artikel Utama

Heni Nuraeni Zaenudin
Ahmad Fahrul Muchtar Affandi
Tito Edy Priandono
Muhammad Endriski Agraenzopati Haryanegara

Abstrak

Banyaknya siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menggunakan gawai menjadi hal yang amat diperhatikan. Beberapa penelitian menunjukkan tingkat literasi digital yang bervariasi pada tingkat pendidikan yang beragam. Jumlah penelitian literasi digital terdahulu minim pada tingkatan siswa SMP, sehingga peneliti memandang pentingnya dilakukan penelitian literasi digital terhadap siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi digital siswa SMP di Kota Sukabumi yang diukur berdasarkan konsep Paul Giltser. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survei dan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terhadap 400 responden. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen penelitian Internet Searching, Hypertextual Navigation, Content Evaluation, dan Knowledge Assembly masing-masing memiliki skor yang baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terkait literasi digital berada pada taraf positif dengan kategori baik. Secara umum siswa SMP di Kota Sukabumi telah memiliki perangkat yang memadai untuk mengakses internet. Namun, siswa-siswa tersebut secara umum masih belum dapat memahami secara utuh terkait penggunaan gawai yang baik dan optimal sehingga pemahaman tersebut perlu ditingkatkan lagi.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Heni Nuraeni Zaenudin, Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Ahmad Fahrul Muchtar Affandi, Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Tito Edy Priandono, Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Muhammad Endriski Agraenzopati Haryanegara, Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia

Referensi

APJII (2019) Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. [Online]. Available from: https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018.

Atoy, M.B., Garcia, F.R.O., Cadungog, R.R., Cua, J.D.O., et al. (2020) Linking digital literacy and online information searching strategies of Philippine university students: The moderating role of mindfulness. Journal of Librarianship and Information Science. [Online] 52 (4), 1015–1027. Available from: doi:10.1177/0961000619898213.

Badan Pusat Statistik (2020) Statistik Indonesia 2020: Penyediaan Data untuk Perencanaan Pembangunan. [Online]. Jakarta, BPS-Statistics Indonesia. Available from: https://www.bps.go.id/publication/2020/02/28/6e654dd717552e82fb3c2ffe/statistik-indonesia--penyediaan-data-untuk-perencanaan-pembangunan.html.

Blummer, B. (2017) Digital literacy practices among youth populations: A review of the literature. Education Libraries. [Online] 31 (3), 38. Available from: doi:10.26443/el.v31i3.261.

BPS Kota Sukabumi (2020) Kota Sukabumi Dalam Angka 2020, Penyediaan Data Untuk Perencanaan Pembangunan. [Online]. Available from: sukabumikota.bps.go.id/publication/2020/02/28/0fe2216b18cd9fa7d07c01ff/kota-sukabumi-dalam-angka-2020--penyediaan-data-untuk-perencanaan-pembangunan.html.

BPS Kota Sukabumi (2019) Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Sukabumi 2019. [Online]. Available from: https://sukabumikota.bps.go.id/publication/2019/12/30/de3c4495fd318af8c312dbe6/statistik-kesejahteraan-rakyat-kota-sukabumi-2019.html.

Creswell, J.W. (2016) Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Terjemahan). 4th edition. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Gilster, P. (1997) Digital Literacy. New York, Wiley.

Hidayati, S.N., Fauziah, A.N.M. & Subekti, H. (2019) The Effect of Socio-scientific Issues Assisted of Virtual Learning to Improve Digital Literacy of Student. In: Proceedings of the 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019). [Online]. 2019 Paris, France, Atlantis Press. pp. 228–233. Available from: doi:10.2991/icesshum-19.2019.37.

Indrawan, R. & Yaniawati, R.P. (2016) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Revisi. Nurul Farah Atif (ed.). Bandung, Refika Aditama.

Koltay, T. (2011) The media and the literacies: media literacy, information literacy, digital literacy. Media, Culture & Society. [Online] 33 (2), 211–221. Available from: doi:10.1177/0163443710393382.

Kriyantono, R. (2006) Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016) Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator. 54.

Leaning, M. (2019) An Approach to Digital Literacy through the Integration of Media and Information Literacy. Media and Communication. [Online] 7 (2), 4–13. Available from: doi:10.17645/mac.v7i2.1931.

Mustofa, M. & Budiwati, B.H. (2019) PROSES LITERASI DIGITAL TERHADAP ANAK: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka. [Online] 11 (1), 114. Available from: doi:10.21154/pustakaloka.v11i1.1619.

Noh, Y. (2017) A study on the effect of digital literacy on information use behavior. Journal of Librarianship and Information Science. [Online] 49 (1), 26–56. Available from: doi:10.1177/0961000615624527.

Perdana, R., Yani, R., Jumadi, J. & Rosana, D. (2019) Assessing Students’ Digital Literacy Skill in Senior High School Yogyakarta. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). [Online] 8 (2), 169. Available from: doi:10.23887/jpi-undiksha.v8i2.17168.

Pietrass, M. (2007) Digital Literacy Research from an International and Comparative Point of View. Research in Comparative and International Education. [Online] 2 (1), 1–12. Available from: doi:10.2304/rcie.2007.2.1.1.

Rennie, E. & Thomas, J. (2008) Inside the House of Syn: Digital Literacy and Youth Media. Media International Australia. [Online] 128 (1), 95–103. Available from: doi:10.1177/1329878X0812800112.

Sari, S.S. (n.d.) Kemampuan Literasi Digital Kalangan Siswa SMP dan SMA di Daerah Pedesaan Kabupaten Blitar. Universitas Airlangga.

Spante, M., Hashemi, S.S., Lundin, M., Algers, A., et al. (2018) Digital competence and digital literacy in higher education research: Systematic review of concept use. Cogent Education. [Online] 5 (1), 1519143. Available from: doi:10.1080/2331186X.2018.1519143.

Sukabumi, B.P.S.K. (2019) Kota Sukabumi Dalam Angka 2018. BPS Kota Sukabumi. [Online]. Available from: https://sukabumikota.bps.go.id/publication/2018/08/16/da47d0460311ce409139351e/kota-sukabumi-dalam-angka-2018.html.

Sumiaty, N. & Sumiaty, N. (2014) Literasi Internet pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Komunikasi. [Online] 17 (1), 77–88. Available from: doi:10.20422/jpk.v17i1.8.

UNESCO (2011) Digital literacy in education. [Online]. Available from: https://iite.unesco.org/publications/3214688.

West, R. & Turner, L.H. (2008) Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. 3rd edition. Nana Setyaningsih (ed.). Jakarta, Salemba Humanika.