Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa

Isi Artikel Utama

Euis Karwati

Abstrak

Universitas Islam Nusantara (UNINUS) saat ini mengelola Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di mana dalam perkembangannya jumlah mahasiswa FKIP UNINUS setiap tahun mengalami peningkatan. Namun demikian, kenaikan tersebut belum sepenuhnya didukung oleh peningkatan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran elektronik di FKIP UNINUS; bagaimana kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS; dan untuk mengetahui apakah pembelajaran elektronik berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa di FKIP UNINUS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel yang dijadikan unit analisis adalah 100 mahasiswa FKIP UNINUS. Teknik sampling yang digunakan simpel random sampling (SRS). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran elektronik berada dalam kategori yang tinggi, sementara kualitas pembelajaran berada dalam kategori cukup. Selain itu, diperoleh temuan bahwa pembelajaran elektronik memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS. Dengan demikian, pembelajaran elektronik perlu ditingkatkan karena terbukti mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di FKIP UNINUS.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Brown, D. H. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. San Fransisco: Longman.

Danim, Sudarwan. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Akasara.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Horton, William dan Horton, Katherine. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A Consumer Guide for Trainers, Teachers, Educators, and Instructional Designers. USA: Wiley Publishing, Inc.

Kumar, Jaya C. (2002). Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malaysia. Jakarta.

K. Wulf. (1996). Implementing eLearning: Getting the Most from Your Elearning Investment. The ASTD International Conference.

Kamarga. (2000). Sistem E-Learning. Jakarta: Salemba Empat.

Karwati, Euis. (2013). Peningkatan Mutu Belajar Mahasiswa Uninus melalui Pengembangan Sistem Informasi Pembelajaran. Bandung: Laporan Penelitian LPPM UNINUS.

Malhotra, N. K. (2004). Riset: Pendekatan Terapan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Mashuri dan M. Zainudin. (2009). Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: Refika Aditama.

Rosenberg. (2001). Pemanfaatan Multimedia dalam Pendidikan. Newyork: Addison Wesley Longman.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santoso, Singgih. (2012). Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komput Indo.

Siahaan, S.M. (2002). Analisis Motif Mengajar Guru dalam Membangun Pemahaman Instrumental dan Pemahaman Relasional Siswa dengan Menggunakan Skema Pemecahan Masalah Berdasarkan Model Argumentasi Toulmin. Bandung: SPs. UPI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujianto, Agus Eko. (2007). Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk Pemula. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Umar, Husein. (2008). Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Uno, Hamzah B. (2012). Profesi Kependidikan (Problematika, Solusi, dan Revormasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Tafiardi. (2005). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal Pendidikan Penabur No.04 Th.IV Juli 2005. hal. 23-43.

Purbo, Onno W. (2001). Masyarakat Pengguna Internet di Indonesia. Tersedia dalam http://www.geocities.com/inrecent/project.html. Diakses tanggal 5 Oktober 2013.