Pemberitaan Pemilihan Gubernur Jawa Barat di Media Online dalam Membentuk Opini Mahasiswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan media online, telah menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari aktivitas politik tanah air. Pemanfaatan media online pada pemilihan gubenur Jawa Barat (Pilgub Jabar) tahun 2013 sangat cocok dilakukan untuk menjaring konstituen dalam membentuk opini mereka. Hal tersebut dimungkinkan mengingat Provinsi Jabar merupakan salah satu Provinsi dengan wilayah terluas dan jumlah penduduk terbesar di Indonesia. Permasalahan yang akan diteliti adalah sejauhmana pemberitaan Pilgub Jabar 2013 di media online dalam membentuk opini mahasiswa Fakultas Komunikasi UNIGA Kabupaten Garut Provinsi Jabar?.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemberitaan Pilgub Jabar tahun 2013 di media online dalam membentuk opini mahasiswa. Teori yang dipakai sebagai dasar penelitian ini adalah teori Agenda Setting. Populasi adalah mahasiswa Fikom UNIGA Garut yang berjumlah 81 orang, teknik penarikan sampel adalah total sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan secara studi literatur dan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberitaan Pilgub Jabar tahun 2013 di media online mampu membentuk opini mahasiswa tentang kandidat gubernur yang ikut dalam pemilihan gubernur pada tahun 2013, melalui visi dan misi serta program kerja mereka. Hal tersebut ditandai dengan keyakinan, kemantapan, dan aksi responden pada saat Pilgub Jabar tahun 2013.
Rincian Artikel
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
Buku :
Albig, William. (1939). Public Opinion. New York: Mc.Graw-Hill Book Company, Inc.
Alisjahbana, Iskandar. (2001). Evolusi Pembaruan Budidaya Masyarakat Terbuka Global. Dalam Sonny Yuliar,dkk. Editor. Memotret Telematika Indonesia Menyongsong Masyarakat Informasi Nusantara. Bandung: Pustaka Hidayah.
Cutlip, Scott M, Allen H.Center, Glen M.Broom. (2000). Effective Public Relations. USA: Prentice Hall.
LaQuay, Tracy. (1997). Sahabat Internet: Pedoman Bagi Pemula Untuk Memasuki Jaringan Global. Edisi 2. Bandung: Penerbit ITB.
Luik, Jandy E. (2011). Media Sosial dan Presentasi Diri. Dalam Junaedi, Fajar Ed.Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi.Yogyakarta: Mata Padi Pressindo.
Nimmo, Dan. (2005). Komunikasi Politik, Komunikator, Pesan, dan Media.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahardjo,Turnomo. (2011). Isu-isu Teoritis Media Sosial. Dalam Junaedi, Fajar Ed. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi.Yogyakarta: Mata Padi Pressindo.
Rakmat, Djalaluddin. (2005). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santosa, Hedi Pudjo. (2011). Implikasi Media Sosial Pada Perkembangan Ilmu Komunikasi. Dalam Junaedi, Fajar Ed. Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi.Yogyakarta:Mata Padi Pressindo.
Severin, Werner J dan James W.Tankard, Jr. (2007). Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa Edisi kelima. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Singarimbun, Masri dan Sofyan, Effendy. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Tabroni,Roni. (2012). Komunikasi Politik Pada Era Multimedia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Yenni, Yuniati. (2002). Pengaruh Berita di Surat Kabar terhadap Persepsi Mahasiswa tentang Politik. Mediator Jurnal Komunikasi, volume 3. No.1 Tahun 2002, hal 91.
Rizal, Yose. (2012). Kandidat Butuh Bauran Media. Pikiran Rakyat.13 Desember. Halaman 3.
………….... (2013). Optimalkan Akun Kandidat. Pikiran Rakyat.10 Desember.Halaman 3.
……................. (2012). ”Berperang” di Media Sosial. Pikiran Rakyat. 22 November. Halaman 3.
Amiruddin. (2009). Peran Media Dalam Pembentukan Opini Masyarakat di Wilayah Perbatasan mengenai Jatidiri Bangsa Indonesia. Tersedia dalam <http://www.isjd.pdii.lipi.go.id/..../111105980_1411-139 >. Diakses tanggal 8 Januari 2013.
Anonim. (2013). Pemilih Pilgub Jabar 2013 sebanyak 32,5 juta orang. Tersedia dalam <http://www.reportase.com/2013/01/pemilih-pilgub-jabar-2013-sebanyak-32-5-juta-orang>. Diakses tanggal 7 Maret 2013.
Ceritarara. ( 2012). Negara dengan Jumlah Pengguna Internet Terbesar (Internet Word Stats), Tersedia dalam <http://ceritarara.wordpress.com>. Diakses pada tanggal 1September 2012.
Yesicha, Chesy. (2011). Pengertian Opini Publik. Tersedia dalam <http://www.chesyyesicha.staff.unri.ac.id/files/.../OP1.pdf>. Diakses tanggal 21 Januari 2013.