Komunikasi Kepemimpinan Prabowo Subianto pada Fanpage Facebook

Isi Artikel Utama

Dudi Rustandi

Abstrak

Kehadiran media sosial memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi dengan konstituennya. Media sosial tidak terhalangi oleh persoalan ruang dan waktu. Sehingga setiap orang bisa berkomunikasi dengan siapapun dan di manapun. Tak terkecuali bagi (calon) pemimpin. Sebagai pemimpin, Prabowo Subianto membuka saluran komunikasi melalui media facebook dan twitter. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh Prabowo Subianto. Menggunakan metode penelitan analisis naratif, penulis meneliti teks pernyataan Prabowo Subianto tanggal 17 Agustus 2014 menjelang pelantikan presiden periode 2014-2019. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pola berkomunikasi Prabowo Subianto yang dianalisis berdasarkan pernyataan-pernyatannya dalam menyikapi situasi politik selalu berpijak kepada UUD 1945 serta keutuhan bangsa (NKRI). Sedangkan dalam menarasikan sebuah peristiwa kebangsaan Prabowo Subianto juga sangat menekankan bagaimana kepentingan bangsa harus diutamakan dari kepentingan individu dan golongan. Sehingga, kekecewaan yang bersumber dari situasi emosional kelompok menjadi tidak berarti dibandingkan kepentingan dalam menjaga keutuhan bangsa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Bungin, Burhan. (2014). Gaya Komunikasi Pemimpin. Dalam Budianto, Heri dan Sad Tanti, Dewi. Membaca Gaya Komunikasi Pemimpin Kita. Jakarta: Political Communications Institute.

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif, Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Riswandi. (2014). Gaya Komunikasi Calon Presiden pada Pemilihan Umum 2014. Budianto, Heri dan Sad Tanti, Dewi. ed. Membaca Gaya Komunikasi Pemimpin Kita. Jakarta: Polcom Institute, hal. 383-384.

Rustandi, Dudi. (2013) Pencitraan Politik Daring Menjelang Pilpres 2014. Jurnal Observasi, Kajian Komunikasi dan Informatika,Vol. 11 No. 2,hal. 102.

Rustandi, Dudi. (2014). Buzz Cyber Public Relations. Jurnal Ilmu Komunikasi,Vol. 7 No. 1 Februari,hal. 60.

Sashkin, Marshall dan Sashkin, Molly G (2011). Prinsip-prinsip Kepemimpinan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sobur, Alex. (2010). Analisis Teks Media.Bandung: Remaja Rosdakarya.

West, Richard dan Turner, Lynn H. (2009) Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.