Konvergensi dan Perubahan Sosial: Interaksi Penonton Asian Games 2018 pada Kanal Digital Emtek Grup

Main Article Content

Teguh Setiawan Imam Santoso
Denik Iswardani Witarti

Abstract

Di era media baru, Elang Mahkota Teknologi Grup (Emtek Grup) telah melakukan konvergensi sesuai dengan tuntutan zaman. Ketika mendapatkan hak siar Asian Games 2018, Emtek Grup melakukan konvergensi media secara khusus untuk menayangkan pertandingan. Tulisan ini bertujuan menganalisis pemanfaatan kanal-kanal digital Emtek Grup untuk menarik penonton pertandingan olahraga selama Asian Games berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskripstif terhadap data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Emtek Grup telah membuat kanal khusus untuk Asian Games 2018 yaitu KapanLagi Youniverse Sport, selain kanal-kanal digital yang sudah ada. Emtek Grup juga melakukan distribusi konten melalui televisi konvensional (free-to-air) dan siaran tunda (video on demand) di kanal digitalnya. Semua kanal Emtek Grup memiliki kekuatan untuk menarik penonton menyaksikan pertandingan Asian Games.

Article Details

Section
Articles

References

Baran, S.J. (2010) Pengantar Komunikasi Massa: Literasi Media dan Budaya. 6th edition. Jakarta, Salemba Humanika.

Bizinsight (2018) Tren Video Online dan Pergeseran Perilaku Menonton di Masyarakat. [Online]. 2018. Available from: https://digiads.co.id/id/blog/editorial/tren-video-online-pergeseran-perilaku-nonton-masyarakat/.

Briggs, A. & Burke, P. (2000) Sejarah Sosial Media: Dari Gutenderg Sampai Internet. 1st edition. Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Budiawati, A.D. (2018) Keren, Pakai BBM Bisa Live Streaming Asian Games. [Online]. 2018. Available from: https://www.dream.co.id/techno/keren-kamu-bisa-live-streaming-asian-games-di-bbm-180820r.html [Accessed: 13 November 2019].

Darojatun. (2018) Vice President of Sport Content Kapanlagi Youniverse (KLY). Wawancara, 2 April 2018.

Dharmasaputra, Karaniya. (2019) Deputy CEO Kapanlagi Youniverse. Wawancara, 8 April 2019.

Fauzan Jamaludin (2018) BBM tambah fitur baru Asian Games 2018. [Online]. 2018. Merdeka.com. Available from: https://www.merdeka.com/teknologi/bbm-tambah-fitur-baru-asian-games-2018.html.

Goggin, G. (2006) Cell Phone Culture Mobile Technology in Everyday Life. London, Routledge.

Griffin, E. (2011) A First Look at Communication Theory. 5th edition. Boston, McGraw-Hill.

Iskandar, Gilang. (2019) Corporate Secretary Surya Citra Media (SCM). Wawancara, 2 Mei 2019.

Jenkins, H. (2006) Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York, NYU Press.

Julijanti, D.M. (2012) Dinamika Digitalisasi dan Konvergensi Media Televisi di Indonesia. Observasi. [Online] 10 (2), 93–102. Available from: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/observasi/article/view/67.

Kapanlagi Youniverse Socmed Team (2018) SOCIAL MEDIA REPORT ASIAN GAMES 2018.

Liputan6.com (2018) Emtek Group Siap Luaskan Gema Asian Games. [Online]. 2018. Liputan6.com. Available from: https://www.liputan6.com/bola/read/3617269/emtek-group-siap-luaskan-gema-asian-games [Accessed: 20 November 2019].

Ma’arief Alyatalatthaf, M.D. (2018) Spasialisasi dan Praktik Monopoli Emtek Group. Jurnal ASPIKOM. [Online] 3 (5), 903. Available from: doi:10.24329/aspikom.v3i5.337.

McLuhan, M. (2003) Understanding Media The Extensions of Man. London & NewYork, Gingko Press.

Nasrullah, R. (2014) Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). 1st edition. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Nielsen (2013) Action Figures: How Second Screens are Transforming TV Viewing. [Online]. 2013. Nielsen.com. Available from: https://www.nielsen.com/us/en/insights/article/2013/action-figures-how-second-screens-are-transforming-tv-viewing/ [Accessed: 27 November 2019].

Nielsen (2018) Penghujung Asian Games 2018 Masih Memikat Nasionalisme Pemirsa Televisi dan Pengiklan. [Online]. 2018. Nielsen.com. Available from: https://www.nielsen.com/id/en/insights/article/2018/penghujung-asian-games-2018-masih-memikat-nasionalisme-pemirsa-televisi-dan-pengiklan/ [Accessed: 27 November 2019].

Nistanto, R.K. (2016) Grup Media Emtek Jalin Kerja Sama Rp 2,7 Triliun dengan BlackBerry. [Online]. 2016. Available from: https://tekno.kompas.com/read/2016/06/28/07550017/grup.media.emtek.jalin.kerja.sama.rp.2.7.triliun.dengan.blackberry [Accessed: 9 November 2019].

Preston, P. (2001) Reshaping Communications. London, Sage Publication.

Setyobudi, C. & Sjailendra, S. (2017) Peluang Pay TV Menggeser Dominasi Free To Air TV di Perkotaan. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. [Online] 16 (1), 126. Available from: doi:10.32509/wacana.v16i1.8.

Shirky, C. (2010) Cognitive Surplus: How Technology Makes Consumers into Collaborators. Gingko Press.

Sudibyo, Agus. (2019) Direktur Indonesia New Media Watch. Wawancara, 20 Mei 2019.

Tempo.co (2018) 3 Fitur Baru BBM Ini Bantu Pengguna Nikmati Asian Games 2018. [Online]. 2018. Tempo.co. Available from: https://tekno.tempo.co/read/1119132/3-fitur-baru-bbm-ini-bantu-pengguna-nikmati-asian-games-2018 [Accessed: 20 November 2019].

Widyanuratikah, I. & Putra, Y.M.P. (2019) Media Sosial Bisa Menjadi Alat Diplomasi Kebahasaan. [Online]. 2019. Available from: https://republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/19/07/10/puf26x284-media-sosial-bisa-menjadi-alat-diplomasi-kebahasaan.

Yuliawati (2018) Anak Usaha Emtek Grup Resmi Umumkan Akuisisi Situs Kapan Lagi. [Online]. 2018. Katadata.co.id. Available from: katadata.co.id/yuliawati/digital/5e9a5603c56b1/anak-usaha-emtek-grup-resmi-umumkan-akuisisi-situs-kapan-lagi [Accessed: 9 November 2019].